cemilan untuk penderita diabetes

15+ Cemilan Untuk Penderita Diabetes

Sebagai penderita diabetes, pasti kamu merasa kesulitan memilih makanan terutama cemilan yang tidak berisiko pada kenaikan gula darah. Apalagi jika kamu terbiasa makan cemilan pasti kerap bingung cemilan mana saja yang cocok bagi penderita diabetes.

Di Indonesia, banyak sekali cemilan yang sangat lezat bahkan membuat lidah kamu ketagihan. Sayangnya cemilan yang sering kita jumpai belum pasti aman bagi penderita diabetes. 

Bahkan terdapat beberapa jenis cemilan yang mengandung gula sangat tinggi tentunya akan berbahaya jika penderita diabetes mengkonsumsi makanan tersebut.

Lantas, cemilan apa saja yang cocok bagi penderita diabetes? Berikut adalah daftar 15 cemilan untuk penderita diabetes.

1. Yogurt dan buah berry

Yogurt adalah olahan susu yang pasti aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Yogurt mengandung probiotik yang bisa meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh untuk mengolah makanan yang masuk dalam tubuh. Sehingga gula yang ada pada makanan tersebut dapat diproses dengan baik dan menghindarkan kamu dari risiko kenaikan gula darah.

Selain mengandung probiotik, jenis greek yogurt mengandung protein yang cukup untuk mengontrol kadar gula darah.

Sementara itu, buah berry yang kamu campurkan pada yogurt juga membawa manfaat bagi penderita diabetes. Sebab buah berry mengandung antioksidan yang mengurangi inflamasi dan mencegah terjadinya kerusakan pada pankreas. 

Buah berry juga memiliki nutrisi serat yang tinggi. Apabila kamu makan buah berry kurang lebih 150 gram, serat yang ada pada buah berry akan membantu menyehatkan sistem pencernaan serta menstabilkan kadar gula darah.

Macam-macam buah berry tersebut adalah:

  • Stroberi
  • Bluberi
  • Raspberi
  • Blackcurrant
  • Cranberry

2. Kacang almond

Dilansir dari Health Line, semangkuk kacang almond dengan berat 28 gram mengandung belasan vitamin dan mineral. 

Nutrisi ini termasuk 0.6 mg dari mangan dan 0.32 gram dari riboflavin. 

Almond juga mengandung serat, protein, dan lemak sehat.

Dari nutrisi-nutrisi tersebut, peneliti meyakini bahwa semangkuk kacang almond dapat menurunkan risiko kenaikan gula darah. Bahkan 58 orang yang diuji mengkonsumsi kacang almond secara rutin telah terjadi penurunan gula darah tinggi sebesar 3%.

Sedangkan pada uji lainnya, sebanyak 20 orang dewasa pengidap diabetes yang mengkonsumsi 60 gram kacang almond setiap harinya selama 4 minggu, menunjukkan adanya penurunan kadar insulin.

Dari penelitian-penelitian tersebut dapat dibuktikan bahwa kacang almond berguna untuk mengontrol kadar gula darah yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Tidak hanya itu, kacang almond juga berfungsi untuk menyehatkan jantung, mengurangi level kolesterol, dan mengontrol berat badan. Akan tetapi kamu tetap perlu memperhatikan porsi makan kacang almond. Sebab kacang almond mengandung kalori yang cukup tinggi.

3. Buah alpukat

Cemilan untuk penderita diabetes lainnya adalah Alpukat. Buah alpukat juga bisa menjadi pilihan cemilan yang sehat. 

Kandungan serat dan asam lemak baik yang ada pada alpukat mampu mencegah dari kenaikan gula darah tinggi setelah makan.

Menurut Okadoc, 13 gram serat yang ada pada alpukat sama rata dengan kebutuhan serat harian sebesar 34% bagi pria dan 50% bagi wanita. 

Sementara itu, penderita diabetes tipe 2 yang merutinkan mengkonsumsi makanan mengandung asam lemak sehat, seperti alpukat, menunjukkan terjadinya pengurangan kadar gula darah tinggi.

Kamu bisa mengolah alpukat dengan berbagai cara, seperti smoothie dengan kacang-kacangan dan jus alpukat. Asalkan jangan ditambahkan pemanis.

4. Biskuit gandum

Jenis cemilan ini sangat mudah kamu temukan terutama di supermarket dekat rumah. 

Cemilan yang terbuat dari gandum-ganduman mengandung karbohidrat kompleks sehingga kamu akan kenyang lebih lama. Sangat cocok sebagai pengganti cemilan manis. 

Jadi, kamu jangan khawatir membeli produk biskuit gandum sebagai cemilan kamu.

5. Buah apel dan olesan selai kacang

Bosan makan buah-buahan yang rasanya itu-itu saja? 

Tenang saja, kamu masih bisa mengkombinasikan buah-buahan dengan selai kacang, loh.

Salah satu buah yang semakin lezat diolesi dengan selai kacang adalah buah apel.

Apel mengandung kaya nutrisi, seperti potasium, vitamin A, dan vitamin B. Sedangkan pada selai kacang memiliki nutrisi magnesium dan vitamin E. 

Apabila nutrisi-nutrisi tersebut dikombinasikan jadi satu akan membawa dampak baik bagi penderita diabetes. 

Sebab apel dan selai kacang mengandung tinggi serat yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. 

6. Puding chia seed

Ya, kamu tidak salah baca. Penderita diabetes dibolehkan makan puding, asalkan bahan-bahan puding tidak memicu kenaikan gula darah. 

Agar puding makin bernutrisi, kamu bisa menambahkan chia seed di dalamnya. Chia seed mengandung serat, protein, dan asam lemak omega-3.

Serat yang ada pada chia seed memiliki kemampuan menyerap sejumlah air pada tubuh sehingga dapat mengontrol diabetes.

Menambahkan chia seed pada puding tidak hanya menguntungkan bagi penderita diabetes saja. Chia seed bisa menjaga kesehatan jantung karena biji ini membantu menurunkan kadar trigliserida

Ingat ya, jangan menggunakan pemanis untuk membuat puding chia seed agar manfaatnya bisa kamu peroleh secara optimal.

7. Edamame

Makanan ini juga sangat cocok kamu jadikan cemilan, apalagi edamame termasuk mudah ditemukan.

Edamame merupakan makanan yang kaya nutrisi sangat ramah pada penderita diabetes.

Di dalam 155 gram edamame mengandung serat sebesar 8 gram dan protein 18 gram. Mengkonsumsi edamame secara rutin akan membantu mengurangi kadar gula darah tinggi serta resistensi insulin dalam tubuh.

Kamu bisa menambahkan bumbu agar edamame semakin lezat dikonsumsi.

8. Telur rebus

Telur rebus tidak hanya cocok sebagai pendamping nasi saja. Kamu juga bisa menjadikan telur rebus sebagai alternatif cemilan apabila kamu tidak menemukan cemilan yang sehat.

Sudah bukan rahasia umum kalau telur rebus sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk penderita diabetes. Telur rebus mengandung protein cukup yang bisa mencegah dari kenaikan gula darah setelah makan berat.

Selain itu, telur rebus juga membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga bisa mencegah kamu dari makan berlebihan yang bisa mempengaruhi kenaikan berat badan bahkan diabetes.

Apabila kamu bosan, kamu bisa membumbui telur rebus dan pastikan bumbu tersebut tidak memicu kenaikan gula darah.

9. Buncis panggang

Buncis bisa kamu olah dengan dipanggang selain tumis, loh.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buncis secara rutin mampu mengurangi risiko diabetes dan mengontrol gula darah. 

Sementara itu, peneliti pernah menguji 19 orang dewasa yang mengkonsumsi buncis panggang selama 6 minggu berturut-turut, terbukti menurunkan gula darah tinggi secara signifikan bahkan mengurangi kadar insulin setelah makan.

Agar lebih lezat dan sehat, kamu bisa memanggang buncis dengan minyak zaitun.

10. Coklat panas

Kata siapa penderita diabetes tidak boleh minum coklat panas?

Kamu masih bisa mengkonsumsi minuman ini asalkan tidak dicampur dengan pemanis. Kamu bisa mengganti pemanis dengan susu rendah lemak, sebab susu rendah lemak tidak berisiko pada penderita diabetes.

Jika kamu minum coklat panas yang terbuat dari dark chocolate tanpa campuran pemanis apapun, kamu akan mendapatkan manfaat  bagi kesehatan lebih banyak. 

11. Yogurt topping buah

Selain yogurt topping buah berry, kamu bisa mengkombinasikan yogurt dengan buah-buah lainnya. Seperti potongan jeruk, apel, kiwi, dan nanas.

Gunakan greek yogurt yang sudah pasti aman bagi penderita diabetes. Pastikan kamu tidak mengkonsumsi cemilan ini berlebihan karena akan berisiko pada kenaikan berat badan.

12. Buah blewah dan keju

Selanjutnya, cemilan untuk penderita diabetes adalah kombinasi buah blewah dan keju.

Jenis keju yang direkomendasikan adalah keju cottage karena mengandung rendah lemak dan rendah sodium. Kandungan tersebut bisa memunculkan rasa manis alami pada buah blewah. 

Sedangkan buah blewah mengandung kalori rendah, natrium, kalium, serta protein. Selain nutrisi tersebut, buah blewah juga kaya akan vitamin sehingga buah ini dianjurkan dikonsumsi bagi siapapun untuk menyehatkan tubuh.

13. Popcorn

Popcorn menjadi salah satu alternatif cemilan yang sehat dan aman.

Popcorn, berasal dari jagung, mengandung serat tinggi yang membuat perut kenyang lebih lama serta membantu mengontrol berat badan.

Telah diketahui bahwa mengontrol berat badan tetap ideal menjadi penolong bagi penderita diabetes karena bisa mencegah gula darah naik. 

Untuk menghindari kadar garam dan gula yang berlebihan pada popcorn, kamu bisa membuat popcorn di rumah menggunakan bumbu secukupnya.

Nah, itu dia 13 rekomendasi cemilan untuk penderita diabetes yang sehat dan aman. Banyak pilihannya bukan? Kamu bisa mengkombinasikan makanan dan minuman sehat dengan bahan lainnya. Pastikan pilihan makananmu tidak memicu kenaikan gula darah tinggi.

Jadi, jangan mengira cemilan enak hanya yang manis-manis saja, seperti terang bulan, es boba, pukis, atau cemilan tidak sehat lainnya. 

Kamu juga bisa mengkonsumsi cemilan yang tetap bisa menjaga kesehatanmu dengan rasa yang lezat.

Selain rekomendasi di atas, sebaiknya konsumsilah minuman yang mengandung rempah-rempah yang bisa membantu mengoptimalkan nutrisi pada tubuh untuk mengatasi gula darah tinggi.

Rempah-rempah yang telah dikenal luas mampu mengatasi gula darah tinggi adalah kayu manis, brotowali, mahkota dewa, dan mengkudu.

Empat rempah tersebut sudah menjadi andalan masyarakat untuk mengatasi gula darah tinggi yang bisa menyebabkan diabetes bahkan komplikasi lainnya.

Lantas, apa saja manfaat rempah-rempah tersebut?

  • Kayu manis: Menurunkan risiko terkena diabetes, mengatasi nyeri menstruasi, meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan risiko peradangan tubuh, mengontrol berat badan, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.
  • Brotowali: Menurunkan kadar gula darah tinggi, menguatkan tulang, mencegah dari alergi, meningkatkan imunitas tubuh, menghilangkan infeksi penyebab alergi, menyehatkan hati, dan menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.
  • Mahkota dewa: Mengontrol kadar gula darah, menyembuhkan gejala asam urat, menghindarkan dari stroke, mendetoks racun dalam tubuh, meredakan sakit kepala, mencegah hipertensi, dan meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Mengkudu: Menurunkan kadar gula dalam darah, memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh, mengatasi nyeri sendi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kolesterol baik dalam darah, dan mengurangi kejang otot.

Hanya dari keempat rempah tersebut kamu tidak hanya memperoleh manfaatnya untuk mengontrol kadar gula dalam darah tetapi juga menguntungkan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Eitss, kamu tidak perlu meramu semua rempah tersebut satu persatu. Kini sudah tersedia obat yang mengkombinasikan kayu manis, brotowali, mahkota dewa, dan mengkudu. 

Herbal ini dikenal dengan nama Bio Insuleaf.

Apa itu Bio Insuleaf?

Bio Insuleaf adalah obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan 100% alami tanpa campuran bahan kimia apapun. Bio Insuleaf bertugas untuk menstabilkan gula darah serta mengoptimalkan makanan dan minuman sehat dalam tubuh agar diabetes teratasi.

Keunggulan Bio Insuleaf adalah obat berupa cairan atau sirup sehingga mudah diserap tubuh dan hasil penurunan gula darah bisa kamu alami dengan cepat.

Apa saja manfaat Bio Insuleaf?

Untuk mengetahui manfaat Bio Insuleaf, simak penjelasan berikut ini:

  1. Mengoptimalkan proses penstabilan kandungan gula dalam darah.
  2. Membantu sirkulasi darah agar bisa mengalir lebih lancar.
  3. Mencegah terjadinya inflamasi yang bisa berakibat pada luka yang susah kering.
  4. Memaksimalkan pankreas dalam memproduksi insulin.
  5. Kandungan mengkudu membantu mengontrol kadar gula dalam darah.
  6. Mengganti pengobatan kimia yang berpotensi merusak ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang.
  7. Jika rutin mengkonsumsi obat ini akan mengurangi resiko seseorang mengidap penyakit diabetes tipe 2 yang banyak disebabkan oleh gaya hidup kurang olahraga dan banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat.

Wah, banyak sekali manfaat Bio Insuleaf, bukan? Yuk, hindari gula darah tinggi dengan mengkonsumsi Bio Insuleaf mulai sekarang!

Bagaimana cara membeli Bio Insuleaf?

Kamu bisa membeli Bio Insuleaf di distributor resmi yaitu di Insuleaf.id. Berikut adalah cara membeli Bio Insuleaf di kami:

  1. Pilih produk yang ingin kamu beli (Semakin banyak yang kamu beli, semakin besar promo yang kamu peroleh!)
  2. kemudian klik pada ikon ‘WhatsApp’ 
  3. Sebut nama serta berapa botol yang ingin kamu pesan

Customer Service kami akan melayani anda dengan sepenuh hati. Kamu juga bisa bertanya-tanya mengenai khasiat Bio Insuleaf.

Obat herbal ini telah terjual ratusan ribu produk di seluruh Indonesia. Bio Insuleaf dipercaya banyak orang karena khasiat luar biasa terutama untuk menstabilkan gula darah tinggi.

Pastikan kamu memesan produk Bio Insuleaf di kami, karena kami menjual Bio Insuleaf yang asli dan tentunya aman dikonsumsi. 

Untuk memperoleh promo menarik hari ini, klik berikut ini (Customer Service di WhatsApp) atau isi formulir di bawah untuk direspon secepatnya.

Tinggalkan komentar