manfaat rempah-rempah

10+ Manfaat Rempah-Rempah Bagi Kesehatan

Bukan rahasia lagi kalau Indonesia memiliki kekayaan rempah yang melimpah. Berkaca dari satu abad lalu negara-negara asing berbondong-bondong ke Indonesia merebut rempah karena manfaatnya yang luar biasa.

Bahkan saat ini rempah-rempah masih menjadi bahan utama sebagai bahan masak maupun metode pengobatan. Jadi jangan heran jika dunia medis sering menyebut manfaat rempah-rempah yang berguna untuk kesehatan.

Manfaat rempah-rempah

Di bawah ini adalah daftar macam serta manfaat rempah-rempah yang baik untuk tubuh.

1. Kunyit

Kunyit adalah rempah yang paling sering digunakan sebagai bahan kuliner. Seperti ada yang kurang lengkap jika tanpa rempah ini. 

Uniknya, kunyit yang juga punya nama lain curcuma domestica juga handal untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Sebuah penelitian mengungkapkan jika satu buah kunyit mengandung anti inflamasi, antioksidan antibakteri, dan anti parasit. Kandungan-kandungan ini lah yang membantu tubuh tercegah dari risiko penyakit.

Dilansir dari Medical News Today, kunyit dapat meningkatkan antioksidan sehingga mampu melawan radikal bebas pada tubuh. 

Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak molekul saraf yang bisa memicu penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Oleh karena itu, kunyit yang memiliki antioksidan melimpah dapat mengurangi risiko akibat dari radikal bebas. 

2. Jahe

Jahe kerap dijadikan alternatif untuk mengatasi batuk, pilek, dan demam. Ternyata manfaat jahe tidak sebatas itu saja. 

Kamu bisa memanfaatkan jahe sebagai langkah pengobatan masala napas dan gastrointestinal atau infeksi perut. Sebagian orang telah memanfaatkan nutrisi jahe untuk mengatasi masalah pencernaan.

Sama seperti kunyit, jahe juga mengandung anti inflamasi dan tinggi antioksidan. Kamu bisa menggunakan rempah ini untuk mengatasi morning-sickness, mabuk laut, dan mabuk darat.

Menurut studi, kandungan antioksidan yang tinggi pada jahe dapat mencegah dari kanker. Bahkan jahe mampu melambatkan produksi sel atau faktor yang bisa memicu kanker.

3. Jinten

Walau ukurannya kecil, jinten bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mengatur stres, kolesterol, dan lainnya. Bahkan jinten juga mengandung antioksidan tinggi.

Peneliti juga mengungkapkan kalau jinten bisa mencegah dari risiko diabetes. Orang-orang yang mengikuti survey penelitian jinten, terbukti adanya penurunan gula darah, insulin, dan hemoglobin A1c.

Selain itu, manfaat lain dari jinten adalah:

  • Mengatasi stress
  • Mengurangi risiko kepikunan
  • Mengatasi sindrom iritasi usus

4. Parsley atau peterseli

Parsley adalah rempah yang berasal dari bagian Mediterania. Banyak kuliner yang menggunakan parsley sebagai bahan yang menambah kelezatan pada makanan. 

Selain itu, parsley juga bisa dijadikan metode perawatan untuk mengatasi gula darah tinggi dan alergi.

Parsley juga mengandung antioksidan tinggi, loh. Bahkan memiliki nutrisi karoten dan berbagai vitamin yang mendukung peningkatan imunitas tubuh.

Terlebih lagi parsley memiliki vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

5. Kayu manis

Menurut sejarah, manfaat kayu manis telah digunakan sebelum tahun masehi sebagai pembalseman dan pengobatan. Walaupun rempah ini jarang lagi digunakan untuk pembalseman, kayu manis masih sering dimanfaatkan untuk pengobatan hingga saat ini.

Kayu manis mengandung antioksidan, anti inflamasi, antimikroba, dan antikarsinogenik. 

Adapun kandungan yang paling besar pada kayu manis adalah anti diabetes yang bisa mencegah dari kenaikan gula darah. 

Menurut sebuah penelitian, kayu manis terbukti mampu mengatur level glukosa dalam darah yang bisa mengecilkan risiko diabetes. Kamu bisa memperoleh manfaat ini dengan minum obat herbal Bio Insuleaf. 

Selain itu, kayu manis juga dapat mengatasi alzheimer atau masalah memori, memperlambat menyerap karbohidrat, dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Kamu bisa memperoleh manfaat yang melimpah tersebut dengan mengkonsumsi kayu manis.

6. Bawang putih

Tidak hanya untuk memasak saja, bawang putih juga bisa kamu gunakan untuk pengobatan.

Bawang putih diketahui dapat menyembuhkan demam dan flu biasa. Jika kamu sedang sakit masuk angin, tambahkan porsi bawang putih pada makanan agar lebih cepat sembuh.

Selain itu, rempah ini berdampak baik bagi kesehatan jantung. Sebab bawang putih bisa mengurangi level kolesterol sebesar 10 hingga 15 persen.

Sebuah peneliti mengungkapkan kalau bawang putih ampuh mengontrol gula darah. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mencegah dari lonjakan gula dalam darah.

7. Kapulaga

Kapulaga berasal dari biji tanaman yang termasuk kelompok jahe. Banyak yang memanfaatkan kapulaga sebagai teh atau penghangat tubuh. 

Karena rasanya yang nikmat, tidak jarang kapulaga juga ditambahkan pada minuman kopi dan hidangan lainnya.

Nah, manfaat kapulaga bagi kesehatan yaitu:

  • Mengatasi diare
  • Mengurangi mual dan muntah
  • Meringankan sakit kepala
  • Mencegah epilepsi
  • Menghindari dari penyakit jantung
  • Menyembuhkan dari gangguan pencernaan

Peneliti juga mengungkapkan jika kapulaga mencegah dari risiko obesitas dan tinggi kolesterol.

8. Biji adas

Biji adas sumber dari berbagai nutrisi, seperti zat potasium yang dapat menjaga keseimbangan air pada tubuh. 

Kamu dapat menemukan zat serat, asam amino, dan histidin, yang berpengaruh pada kesehatan sistem pencernaan. Kamu akan terhindar dari diare, ambeien, sembelit, dan masalh pencernaan lainnya.

9. Pala 

Pala adalah rempah yang digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan. Biji pala juga dimanfaatkan sebagai parfum dan sabun karena memiliki bau yang wangi. Di dalamnya terdapat minyak atsiri yang membuat rempah ini berbau khas.

Selain itu, biji pala juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit antara lain mengatasi masuk angin dan gangguan pencernaan.

Jadi, jika kamu memiliki masalah diare konsumsi makanan yang mengandung pala agar teratasi.

Apabila kamu memiliki masalah konsentrasi, pala bisa membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan otak serta dapat memperbaiki daya ingat. 

Sifat antibakteri yang ada pada rempah ini juga sangat baik menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sehingga kerusakan gigi dan bau mulut bisa terhindarkan. 

10. Kemiri

Pasti kamu sudah tidak asing dengan kemampuan kemiri ini. Minyak kemiri telah diakui keampuhannya untuk merawat rambut.

Rambut menjadi lebih tebal dan kerontokan juga berkurang. Apalagi biasanya kerontokan kerap dialami oleh wanita yang berambut panjang. Kamu sangat dianjurkan untuk rutin mengoleskan minyak kemiri pada rambut.

11. Kencur

Kencur tidak sekedar menjadi jamu andalan untuk meredakan demam saja, loh. Kamu bisa memperoleh banyak manfaat dari olahan kencur.

Manfaat yang akan kamu rasakan yaitu:

  • Meredakan sakit perut
  • Mengobati peradangan pencernaan
  • Mengatasi encok tubuh
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Meredakan batuk
  • Menenangkan tubuh

Karena banyak sekali kemanjuran dari kencur, sebuah kelompok peneliti melakukan riset sebagai insektisida untuk mengatasi demam berdarah. 

12. Lengkuas

Sama halnya dengan kayu manis, lengkuas juga telah digunakan berabad-abad tahun yang lalu. 

Lengkuas kerap diolah menjadi jamu yang biasa disebut dengan kudu laos. Ketika kamu rutin minum jamu ini, terdapat berbagai manfaat yang kamu rasakan yaitu meliputi:

  • Meredakan masuk angin
  • Mengatasi masalah lambung
  • Meningkatkan selera makan
  • Menyembuhkan herpes

13. Daun mint

Daun mint memiliki sejarah yang panjang sebagai pengobatan. Biasanya daun ini digunakan juga untuk aromaterapi karena wanginya yang membuat tubuh rileks.

Menurut penelitian, daun mint mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan paru-paru. Dengan menghirup daun mint, pernapasan akan lebih lega dan banyak pasokan oksigen yang masuk ke paru-paru.

14. Kemangi

Kemangi yang biasa ada lalapan ini tidak hanya rasa nikmat yang bisa kamu peroleh, loh. 

Rutin makan kemangi membawa dampak baik bagi kesehatan karena dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Kemangi juga bisa mengontrol gula dalam darah agar tetap stabil. 

15. Biji ketumbar

Tanaman ketumbar memiliki aroma yang membuat tubuh tenang. Kamu bisa memanfaatkan biji ketumbar untuk mengatasi berbagai keluhan, yaitu masalah perut, kembung, mual, wasir, dan diare.

Selain itu, rutin makan makanan yang mengandung ketumbar mampu menambah produksi zat besi dan melancarkan peredaran darah.

Ketumbar juga penting bagi wanita karena bisa meningkatkan produksi air susu ibu. 

Kita patut bersyukur tinggal di Indonesia yang sangat mudah menemukan rempah-rempah di atas. Banyak sekali manfaat rempah-rempah yang bisa kita peroleh tanpa kesulitan.

Namun, kamu perlu perhatikan cara pengelolaannya. Agar manfaat yang kamu dapatkan bisa maksimal, olahlah rempah tersebut dengan benar.

Salah satu rempah yang harus kamu perhatikan cara pengelolaannya adalah kayu manis. Apabila kamu menderita diabetes, kamu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi obat yang mengandung rempah kayu manis.

Obat yang mengandung kayu manis adalah Bio Insuleaf. Bio Insuleaf merupakan herbal alami yang berfungsi untuk menurunkan gula darah dan bantu ringankan gejala diabetes. Bagi Anda yang memiliki masalah gula darah, Bio Insuleaf adalah solusi terbaik untuk atasi keluhan Anda.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar