Diabetes

Jangan Panik! Ini 5+ Cara Mengatasi Gula Darah Rendah

No Comments

Tidak sedikit penderita diabetes mengabaikan cara mengatasi gula darah rendah karena menganggap kondisi ini biasa saja. Padahal gula darah rendah atau disebut dengan hipoglikemia sama bahayanya dengan gula darah tinggi.

Kadar gula darah terbilang rendah jika kadar di bawah 70 mg/dL. Ini biasa terjadi apabila penderita mengurangi mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan sehingga level glukosa menurun drastis.

Cara Mengatasi Gula Darah Rendah - www.insuleaf.id

Cara mengatasi gula darah rendah

Berikut adalah beberapa makanan dan camilan untuk mengatasi gula darah rendah bagi tanpa membuat gula darah melonjak drastis.

    1. Jus buah

Umumnya jus buah dilarang dikonsumsi bagi penderita diabetes karena minuman tersebut mengandung pemanis tambahan. Namun, jika Anda mengalami hipoglikemia atau gula darah rendah, justru jus buah sangat dianjurkan apalagi dengan pemanis tambahan.

Walau begitu Anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi minuman ini. Anda tetap perlu mengatur kadar gula dan buah-buahan agar tidak memicu lonjakan gula darah yang drastis.

    1. Madu

Madu merupakan makanan alternatif lainnya apabila penderita diabetes mengalami penurunan kadar gula darah secara drastis. Madu mengandung pemanis alami yang bisa membantu meningkatkan kadar gula. Anda bisa meminum madu secara langsung atau bisa dicampur dengan minuman lain. Asalkan konsumsi madu dengan porsi wajar saja.

Madu diketahui mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, serta memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula biasa. Oleh karena itu, madu dapat membantu mengatasi gula darah rendah dengan cara meningkatkan kadar gula darah secara perlahan.

Selain itu, madu juga dapat meningkatkan fungsi insulin. Hal ini karena madu mengandung senyawa fenolik yang dapat membantu meningkatkan fungsi insulin, sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Namun perlu diingat, konsumsi madu dalam jumlah yang berlebihan juga dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, konsultasikanlah dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi madu secara rutin untuk mengatasi gula darah rendah. 

    1. Susu rendah lemak

Sumber karbohidrat yang aman dikonsumsi selama gula darah rendah adalah susu rendah lemak. Minuman ini juga mengandung vitamin D yang bisa menyehatkan tubuh. Tidak ada kandungan susu rendah lemak yang secara khusus diketahui dapat membantu mengatasi gula darah rendah. Namun, susu rendah lemak kaya akan protein, kalsium, dan vitamin D, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan metabolisme tubuh.

Konsumsi susu rendah lemak secara teratur sebagai bagian dari diet seimbang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah terjadinya fluktuasi gula darah yang drastis. Namun, jika Anda mengalami masalah gula darah rendah, lebih baik konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran diet yang paling sesuai untuk kondisi Anda. 

    1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang termasuk indeks glikemik tinggi karena kadar karbohidratnya yang juga tinggi. Mengonsumsi buah ini saat terserang hipoglikemia dapat meredakan gejala-gejala gula darah rendah.

Pisang mengandung karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh dan juga mengandung serat yang membantu menjaga kadar gula darah stabil. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin B6 yang berperan dalam produksi insulin sehingga dapat membantu meningkatkan kadar gula darah. Pisang juga mengandung mineral seperti kalium dan magnesium yang dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah yang sering terjadi pada orang dengan gula darah rendah. Selain pisang, Anda juga dapat mengkonsumsi buah lainnya yang mengandung indeks glikemik tinggi, seperti kurma, nanas, mangga, semangka, dan kismis.

    1. Permen

Bagi Anda yang ingin praktis, bisa memanfaatkan permen yang juga mengandung karbohdirat tinggi. Pastikan permen mengandung 15 gram karbohidrat. Secara umum, beberapa jenis yang mengandung kadar gula tinggi dapat membantu meningkatkan glukosa, seperti permen karet tanpa gula, permen karet dengan gula alami seperti xylitol atau stevia, dan permen dengan kandungan gula rendah namun tinggi serat.

Pertolongan pertama gula darah rendah

Jangan panik apabila Anda atau seseorang di sekitar Anda mengalami gejala gula darah rendah. Berikut adalah beberapa tips pertolongan pertama gula darah rendah:

1. Memberikan glukosa oral seperti minuman atau permen yang mengandung gula seperti camilan di atas untuk segera meningkatkan kadar gula darah.

2. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti, beras atau buah untuk menstabilkan kadar gula darah setelah terjadi peningkatan.

3. Jangan memberikan makanan atau minuman yang mengandung alkohol karena dapat menurunkan kadar gula darah lebih lanjut.

4. Jangan memberikan makanan atau minuman sekaligus dalam jumlah banyak karena bisa menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat dan berlebihan.

5. Jika tidak ada perubahan setelah pemberian glukosa oral, segera hubungi tenaga medis atau membawa penderitanya ke rumah sakit.

Demikian penjelasan mengenai 5 cara mengatasi gula darah rendah atau hipoglikemia. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan atau minuman di atas sesuai takaran agar tidak menimbulkan lonjakan gula darah.

Atasi Diabetes

Jika Anda memiliki masalah gula darah tinggi yang sulit distabilkan, konsumsi Bio Insuleaf sekarang.

Bio Insuleaf adalah sirup herbal yang dapat membantu menurunkan gula darah dan meringankan gejala diabetes. Lakukan pembelian Bio Insuleaf melalui CS kami dengan klik link di bawah ini.

Pesan Bio Insuleaf

10 Cara Mengatasi Rasa Lapar Pada Penderita Diabetes
Berapa Kadar Gula Darah Normal Menurut Kemenkes? Simak Ini!

Tinggalkan komentar