Penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya

5 Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

Tahukah Anda, tidak hanya depresi menjadi penyebab sering mengantuk. Masih ada beberapa faktor lain yang membuat Anda mudah mengantuk.

Di bawah ini akan dijelaskan lebih detail penyebab-penyebab yang membuat Anda sering mengantuk. Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

Kebutuhan tidur usia orang dewasa

Setiap fase usia memiliki perbedaan jangka waktu tidur, dari bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa. Menurut beberapa riset, berikut adalah kebutuhan tidur yang ideal bagi orang dewasa:

  • Usia 18-64 tahun: 7 – 9 jam
  • Usia 65 ke atas: 7 – 8 jam

Selain fase usia dewasa, bayi baru lahir hingga remaja juga memiliki kebutuhan tidur ideal masing-masing, yaitu:

  • 0 – 8 bulan: 14 – 17 jam
  • 4 – 11 bulan: 12 – 15 jam
  • 1 – 2 tahun: 11 – 14 jam
  • 3 – 5 tahun: 10 – 13 jam
  • 6 – 17 tahun: 9 – 11 jam

Penyebab sering mengantuk

Penyebab sering mengantuk tidak hanya karena depresi, bisa juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi rasa kantuk berlebihan. Berikut adalah beberapa penyebab sering mengantuk bisa terjadi:

1. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan pernapasan saat tidur yang bisa membuat Anda mengantuk sepanjang hari. Sebab kondisi ini membuat Anda kesulitan tidur saat malam hari karena sesak nafas. Gejala-gejala tersebut berupa mendengkur dengan keras dan sakit tenggorokan saat bangun tidur.

2. Insomnia

Insomnia adalah kondisi kesulitan tidur di malam hari, kondisi ini juga sering dikaitkan dengan rasa kantuk berlebihan. Semakin jarang tidur maka rasa kantuk akan semakin sering dialami.

3. Narkolepsi

Penyebab rasa kantuk berlebihan bisa disebabkan oleh narkolepsi. Gejala-gejala narkolepsi bisa dihilangkan jika memperbaiki gaya hidup. Anda sangat dianjurkan untuk membuat jadwal tidur siang dan malam agar gejala penyakit ini bisa hilang. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan yaitu, rutin berolahraga, menghindari kafein, tidak merokok, dan melakukan relaksasi sebelum tidur. 

4. Restless legs syndrome

Penyakit ini bisa dikenal dengan sindrom kaki gelisah. Sindrom ini menunjukkan gejala seperti kaki tidak bisa diam atau selalu bergerak saat tidur. Jika Anda mengalami ini, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menyembuhkan gejala sindrom kaki gelisah, yaitu melakukan olahraga setiap pagi dan minum suplemen zat besi.

5. Faktor usia

Gejala insomnia dan narkolepsi bisa terjadi karena faktor usia yang semakin menua sehingga rasa kantuk kerap terjadi. Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengubah gaya hidup seperti mengkonsumsi makan makanan sehat dan sering beraktivitas fisik.

6. Diabetes

Gejala diabetes yang umum terjadi adalah sering mengantuk. Untuk memastikan Anda terkena diabetes atau tidak, lakukan pengecekan gula darah atau HBA1C.

Tips mengatasi sering mengantuk

Penyebab-penyebab di atas bisa Anda lalui jika berkomitmen untuk menyembuhkan rasa kantuk berlebihan. Di bawah ini Anda bisa menerapkan beberapa tips untuk tidak sering mengantuk lagi:

  • Buat jadwal tidur dan ambil posisi di atas kasur tepat waktu
  • Hindari merokok dan minum alkohol
  • Ciptakan suasana yang nyaman
  • Hindari obat-obatan yang menyebabkan rasa kantuk
  • Hindari kerja lembur
  • Minum Bio Insuleaf apabila disebabkan oleh diabetes

Nah, demikian ulasan mengenai penyebab sering mengantuk dan tips-tips mengatasi rasa kantuk berlebihan. Apabila Anda menemukan penyebab sering mengantuk karena diabetes, sebaiknya segera konsumsi obat herbal Bio Insuleaf.

Bio Insuleaf adalah herbal diabetes yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan bisa mengurangi rasa kantuk berlebih. Jika Anda tertarik, silakan pesan Bio Insuleaf melalui link berikut ini.

Pesan Bio Insuleaf

REFERENSI

Sleep Foundation

Health Line

Alo Dokter

Tinggalkan komentar