sayur dan buah

5 Sayur dan Buah Untuk Penderita Diabetes yang Aman

Terdapat beberapa rekomendasi sayur dan buah untuk penderita diabetes. Dengan mengonsumsi jenis makanan ini akan mencegah dari lonjakan gula darah.

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa sayur dan buah yang direkomendasikan untuk penderita diabetes.

1. Apel

Buah apel memiliki manfaat melimpah untuk mengontrol gula darah. Mempunyai kadar serat yang tinggi dengan indeks glikemik rendah, menjadikan buah apel sebagai makanan yang paling aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Banyak penelitian memaparkan bahwa kandungan polifenol yang ada pada apel, dapat menstimulasi produksi insulin. Sehingga bisa mencegah terjadinya kenaikan gula darah.

2. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa kimia sulforaphane yang ampuh menurunkan gula darah tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada brokoli dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan berat.

Bahkan sebuah studi memaparkan brokoli sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2. Sebab, sayuran hijau ini meningkatkan aktivitas insulin yang bisa mengontrol gula darah tetap stabil.

3. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi, nutrisi ini dapat mencegah inflamasi yang bisa memperparah kondisi penderita diabetes.

Selain itu, buah berwarna oranye tersebut memiliki indeks glikemik rendah yang tidak lebih dari 52.

4. Okra

Okra merupakan jenis sayuran yang kurang populer di kalangan masyarakat. Padahal nutrisi di dalamnya sangat berguna bagi penderita diabetes, loh. 

Hal ini karena okra mengandung isoquercitrin flavonoid dan quercetin 3-O-gentiobioside, yang bisa menghambat terjadinya kenaikan gula darah. 

5. Blueberry

Walau ukurannya yang kecil, siapa sangka jika blueberry menyumbang nutrisi melimpah untuk penderita diabetes.

Dengan kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemik rendah, buah ini sangat cocok sebagai selingan makanan. Kamu tidak perlu khawatir makan buah satu ini dalam porsi sedikit lebih banyak. Namun, pastikan tidak melebihi batas indeks glikemik dan kalori harian tubuh.

Kamu juga bisa mendapatkan manfaat kontrol gula darah dengan mengkonsumsi rempah-rempah, loh. Cukup dengan minum Bio Insuleaf yang mengandung rempah-rempah, kamu akan merasakan gula darah lebih stabil dan gejala diabetes berkurang.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber

Kontan

Tinggalkan komentar