penyebab air kencing berbusa

6 Penyebab Kencing Berbusa yang Perlu Diwaspadai

Penyebab kencing berbusa bisa jadi karena gaya hidup yang buruk. Sehingga kualitas urin menurun yang memicu timbulnya busa pada air kencing. Untuk selengkapnya silakan baca artikel di bawah ini.

Kencing berbusa

Kencing berbusa atau dikenal sebagai urine yang berbuih, adalah kondisi ketika ada gelembung udara di dalam urin yang keluar dari tubuh.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, namun terkadang bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang mendasar. Berikut adalah beberapa penyebab kencing berbusa.

Penyebab kencing berbusa

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Kondisi ini bisa membuat urin menjadi lebih kental dan berbusa. Dehidrasi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kurang minum air, berkeringat terlalu banyak, atau efek samping dari beberapa obat.

Baca Juga: 10 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

2. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih adalah kondisi ketika bakteri masuk ke dalam saluran kemih dan menginfeksinya. Infeksi saluran kemih bisa menyebabkan gejala seperti sakit saat buang air kecil, demam, dan kencing berbusa.

3. Proteinuria

Proteinuria adalah kondisi ketika protein terlalu banyak ditemukan dalam urin. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit ginjal. Proteinuria bisa menyebabkan urin menjadi lebih berbusa dari biasanya.

4. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal sehingga mereka tidak dapat menyaring limbah dari darah dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan urin menjadi lebih berbusa dari biasanya. Penyakit ginjal bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti pola makan yang tidak sehat, riwayat penyakit keluarga, atau efek samping dari beberapa obat.

5. Gangguan ginjal lainnya

Selain penyakit ginjal, ada beberapa gangguan ginjal lainnya yang bisa menyebabkan urin menjadi berbusa seperti glomerulonefritis dan sindrom nefrotik.

Baca Juga: 7 Daftar Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

6. Penyakit diabetes

Ketika gula darah tinggi, ginjal harus bekerja ekstra keras untuk menyaring gula dan limbah dari darah. Kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan proteinuria atau kondisi ketika protein terlalu banyak ditemukan dalam urin. Proteinuria bisa menyebabkan urin menjadi lebih berbusa dari biasanya.

Selain itu, diabetes juga bisa menyebabkan dehidrasi. Ketika kadar gula darah tinggi, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak air melalui urin, yang bisa menyebabkan dehidrasi. Kondisi ini bisa membuat urin menjadi lebih kental dan berbusa.

Jika Anda mengalami kencing berbusa secara terus-menerus, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Karena kencing berbusa bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang mendasar.

Untuk mengatasi tersebut, sangat dianjurkan mengkonsumsi herbal Bio Insuleaf. Herbal ini akan membantu menurunkan gula darah tinggi dan meringankan gejala diabetes.

Jangan biarkan air kencing berbusa terlalu lama jika tidak ingin berujung pada komplikasi kesehatan yang berbahaya. Segera konsumsi Bio Insuleaf sekarang dengan melakukan pembelian melalui CS kami.

Klik link berikut untuk membeli Bio Insuleaf (Pesan Bio Insuleaf)

Sumber:

NIDDK

Health Line

bio insuleaf www.insuleaf.id

Tinggalkan komentar