6 Penyebab Mens Tidak Teratur yang Berbahaya

Penyebab mens tidak teratur pada wanita bisa terjadi karena adanya gangguan pada kesehatan.

Kondisi ini tentunya sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Sebelum itu, Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab mens tidak teratur.

1. Penggunaan alat kontrasepsi

Bagi wanita yang sudah menikah, seringkali mengalami gangguan menstruasi karena penggunaan alat kontrasepsi. Untuk menghindari siklus menstruasi yang tidak teratur, sebaiknya hindari penggunaan alat kontrasepsi. 

2. Gangguan kelenjar tiroid

Kondisi ini bisa mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga siklus menstruasi menjadi berantakan. Meski begitu, ada sebagian wanita yang masih memiliki jadwal haid normal tetapi darah yang keluar berjumlah lebih sedikit. 

3. Penyakit autoimun

Walau penyakit autoimun menyerang anggota tubuh selain rahim, penyakit ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Sebab penyakit ini menyebabkan kondisi kesehatan tubuh menurun.

4. Stress

Salah satu faktor yang paling umum menyebabkan ketidakteraturan menstruasi adalah stres.

Stres dapat mengganggu hormon dalam tubuh yang mengatur siklus menstruasi, sehingga dapat menyebabkan perubahan pada pola menstruasi.

Baca Juga: 9 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

5. Penurunan atau kenaikan berat badan

Perubahan berat badan yang drastis, baik penurunan maupun kenaikan, dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

Karena hormon reproduksi diproduksi oleh jaringan lemak, perubahan berat badan yang signifikan dapat mengganggu keseimbangan hormonal. Sehingga bisa menyebabkan ketidakteraturan menstruasi.

6. Kondisi medis

Beberapa kondisi medis, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), hipotiroidisme, atau peradangan panggul, dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan menyebabkan ketidakteraturan.

Kondisi-kondisi di atas terjadi karena gaya hidup yang buruk, seperti pola makan yang tidak teratur dan sembarangan.

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak gula bisa mengakibatkan siklus menstruasi berantakan.

Lama kelamaan kondisi ini tidak hanya mengancam kesehatan rahim Anda saja, tetapi juga memicu penyakit kronis diabetes. Apabila Anda sedang sakit diabetes dan berimbas pada siklus menstruasi, sebaiknya konsumsi herbal Bio Insuleaf.

Bio Insuleaf adalah sirup penurun gula darah yang dapat membantu mengontrol gula darah, meringankan gejala diabetes, dan dapat melancarkan menstruasi yang sempat berantakan karena konsumsi gula berlebihan.

Untuk membeli Bio Insuleaf silahkan hubungi CS kami dengan klik link berikut ini.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar