Bahaya duduk terlalu lama

7 Bahaya Duduk Terlalu Lama dan Kaitannya dengan Diabetes

Menurut penelitian, bahaya duduk terlalu lama banyak dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit serius, salah satunya adalah diabetes.

Bahaya duduk terlalu lama

Salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes adalah kebiasaan duduk terlalu lama. Berikut adalah 7 bahaya kebanyakan duduk dan kaitannya dengan diabetes.

1. Resiko Terkena Diabetes Tipe 2 Meningkat

Saat kita duduk terlalu lama, tubuh kita menjadi kurang aktif, dan ini dapat menyebabkan penurunan metabolisme tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dan peningkatan berat badan. Hal ini meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 karena berat badan yang berlebihan dapat mengganggu produksi insulin dalam tubuh.

2. Resistensi Insulin Meningkat

Ketika kita duduk terlalu lama, otot-otot kita menjadi kurang aktif dan tidak dapat menggunakan insulin dengan efisien. Hal ini menyebabkan resistensi insulin meningkat dan mengganggu kemampuan tubuh dalam mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Resistensi Insulin, Faktor Diabetes yang Sering Diabaikan Bahayanya

3. Kadar Gula Darah Tidak Stabil

Ketika kita duduk terlalu lama, produksi glukosa dalam tubuh tetap tinggi. Namun, karena kita tidak menggunakan energi tersebut, maka kadar gula darah kita akan meningkat secara drastis. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah kita tidak stabil dan meningkatkan risiko terkena diabetes.

4. Produksi Lemak Meningkat

Saat kita duduk terlalu lama, tubuh kita tidak membakar kalori dengan efektif, dan ini dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. Produksi lemak yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

5. Kondisi Metabolik Meningkat

Ketika kita duduk terlalu lama, tubuh kita mengalami perubahan metabolik yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Hal ini karena tubuh tidak menggunakan energi dengan efisien dan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu.

6. Resistensi Insulin Perifer Meningkat

Ketika kita duduk terlalu lama, produksi insulin dalam tubuh tidak efektif dan dapat meningkatkan resistensi insulin perifer. Hal ini meningkatkan risiko terkena diabetes karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif.

7. Kesehatan Kardiovaskular Menurun

Duduk terlalu lama dapat mempengaruhi kesehatan kardiovaskular dan meningkatkan risiko terkena diabetes. Kondisi ini terjadi karena aktivitas fisik yang kurang dan tidak memadai. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Kebiasaan duduk terlalu lama memiliki banyak bahaya dan kaitannya dengan risiko terkena diabetes. Oleh karena itu, kita harus mencoba untuk tetap aktif dan menghindari terlalu banyak duduk dalam kehidupan sehari-hari. 

Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau peregangan otot setiap beberapa jam, buat jadwal kerja yang memungkinkan untuk berdiri dan berjalan-jalan, serta hindari kebiasaan duduk terlalu lama seperti menonton TV atau duduk di depan komputer selama berjam-jam. 

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Olahraga? Simak Penjelasan Ini!

Selain itu, Anda juga perlu mengontrol gula darah dengan mengkonsumsi herbal Bio Insuleaf. Herbal ini akan membantu menurunkan gula darah tinggi dan mengurangi gejala diabetes.

Silakan lakukan pembelian Bio Insuleaf melalui WhatsApp.

(Pesan Bio Insuleaf)

bio insuleaf www.insuleaf.id

Tinggalkan komentar