tes darah

7 Cara Menurunkan Gula Darah yang Alami

Sebagian orang merasa bingung bagaimana cara menurunkan gula darah secara alami.

Pasalnya, mereka khawatir langkah-langkah yang mereka lakukan bukanlah metode yang benar. Apalagi obat yang masuk ke dalam tubuh belum tentu bisa turunkan gula darah.

Padahal ada cara mudah untuk menurunkan gula darah tanpa harus minum obat kimia, loh.

Ada beberapa cara mudah menurunkan gula darah tinggi tanpa harus konsumsi obat kimia. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Cara menurunkan gula darah

Lakukan tahap-tahap berikut ini agar Anda bisa dengan mudah turunkan gula darah tanpa harus konsumsi obat kimia.

1. Minum air putih lebih banyak

Jika Anda sering konsumsi minuman manis, sebaiknya segera hentikan dan ganti dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak. 

Minuman manis merupakan salah satu faktor penyebab gula darah menjadi tinggi hingga terkena diabetes.

Sedangkan air putih bisa menetralisir kembali gula yang tinggi pada darah melalui proses ekskresi.

2. Rutin berolahraga

Sering berolahraga dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Dengan meningkatnya sensitivitas insulin, dapat membantu sel-sel dalam tubuh lebi efektif menggunakan gula yang ada dalam darah.

Beberapa rekomendasi olahraga ringan adalah berjalan kaki dan bersepeda.

Anda juga bisa melakukan olahraga yang lebih berat seperti angkat beban, mendaki, lari, berenang, dan menari.

Baca Juga: Pentingnya Olahraga Untuk Penderita Diabetes

3. Makan lebih banyak serat

Serat bisa memperlambat penyerapan gula dan mencerna karbohidrat sehingga bisa mengatur gula darah serta mengecilkan risiko gula darah tinggi. 

Serat tinggi bisa Anda temukan di jenis-jenis makanan sebagai berikut:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian

4. Mengontrol porsi makan

Mengontrol porsi makan sangat penting untuk mengatur kalori yang masuk pada tubuh agar berat badan terjaga serta tidak mempengaruhi kenaikan gula darah.

Kalau Anda makan makanan sehat namun mengkonsumsinya secara berlebihan hasilnya akan percuma bahkan berisiko gula darah naik.

Oleh karena itu, jagalah porsi makan agar gula darah tetap stabil. Berikut beberapa tips mengatur porsi makan:

  • Gunakan piring yang lebih kecil
  • Makan perlahan
  • Kunyah hingga halus
  • Hitung berat badan dan porsi ideal
  • Buatlah jurnal makan

5. Memilih makanan indeks glikemik rendah

Dilansir dari Health Line, makanan indeks glikemik rendah telah terbukti mengurangi gula darah tinggi pada orang-orang yang terkena diabetes.

Daftar makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah adalah:

  • Gandum
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran non-pati
  • Greek yogurt
  • Pasta gandum utuh

6. Berhenti merokok

Sering merokok juga berpengaruh pada kenaikan gula darah karena kandungan nikotin mempengaruhi tubuh merespon insulin.

Merokok juga bisa menyebabkan peradangan yang menyebabkan peningkatan gula darah.

7. Memantau gula darah

Terakhir, sering memantau kadar gula darah pada tubuh dengan melakukan tes gula darah. Lakukan ini dengan dokter.

Melacak kadar gula darah secara rutin dapat membantumu mengetahui apa saja yang perlu Anda sesuaikan baik makanan atau obat-obatan.

Melalui cara ini Anda akan lebih tahu bagaimana tubuh merespon pada makanan-makanan tertentu.

8. Minum Bio Insuleaf

Selain melakukan tips di atas, mengkonsumsi obat herbal seperti Bio Insuleaf juga akan membantu Anda menurunkan gula darah.

Bio Insuleaf adalah obat herbal 100% alami terbuat dari rempah-rempah yang menurunkan gula darah dan mengendalikan diabetes. Apabila Anda tertarik konsumsi Bio Insuleaf, silahkan klik link di bawah ini.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar