5+ Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah dan Atasi Diabetes

Ada beberapa sayuran untuk menurunkan gula darah dengan mudah. Mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut akan membantu Anda penderita diabetes untuk mengontrol gula darah. Walau begitu, tidak semua jenis sayuran cocok bagi penderita diabetes.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati memilih jenis sayuran yang pasti aman dan tidak memicu kenaikan gula darah. Untuk selengkapnya silahkan baca artikel ini hingga selesai agar Anda mengetahui sayuran yang dapat menurunkan gula darah.

Sayuran untuk menurunkan gula darah

1. Okra

Okra adalah jenis sayuran berbentuk lonjong yang memiliki permukaan keras. Sayuran ini diketahui bisa menurunkan kadar gula darah tinggi. Okra tidak hanya dikenal di Indonesia saja, bahkan Turki juga sering mengonsumsi sayuran ini untuk membantu menurunkan kadar guka darah yang tinggi.

Okra kaya akan serat larut yang membantu menurunkan penyerapan gula ke dalam darah. Selain itu, okra juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, kalsium, magnesium, dan zat besi yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk menurunkan gula darah menggunakan okra, Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau memasaknya dalam berbagai masakan, seperti tumis atau rebus. Jus okra dapat dibuat dengan memotong okra menjadi potongan kecil dan menggilingnya dengan sedikit air. Minum jus okra secara teratur dapat membantu menurunkan gula darah.

Namun, penting juga untuk mengimbangi konsumsi okra dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Konsultasikan juga dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah pola makan atau rutinitas Anda untuk menurunkan gula darah.

2. Kale

Menurut Health Line, sayuran kale mengandung serat dan antioksidan flavonoid yang bisa secara efektif membantu menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa kale bisa menjadi pilihan sayuran terbaik mengatasi penyakit tersebut. Jadi, penderita diabetes tidak perlu ragu mengkonsumsi sayuran ini.

Meskipun tidak ada makanan tunggal yang dapat secara langsung menurunkan gula darah, mengonsumsi kale dapat membantu mengatur kadar gula darah Anda karena memiliki beberapa sifat yang bermanfaat, seperti rendah karbohidrat dan mengandung vitamin K untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain mencoba mengonsumsi kale, penting juga untuk menjaga pola makan sehat secara keseluruhan, yaitu dengan menghindari makanan manis, olahraga secara teratur, dan mengelola stres. Jika Anda memiliki masalah gula darah yang signifikan, selalu berkonsultasilah dengan dokter atau ahli nutrisi untuk mendapatkan saran yang tepat.

3. Brokoli

Brokoli diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan gula darah. Hal ini karena brokoli mengandung serat, antioksidan, dan vitamin C yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Beberapa cara mengonsumsi brokoli dalam makanan yang sehat untuk menurunkan gula darah adalah dengan makan brokoli segar, tumis brokoli, salad brokoli, sup brokoli.

Selain itu, brokoli mengandung sulforaphane mampu mengatasi stres oksidatif dan memperbaiki kinerja insulin.

4. Pare

Walaupun rasanya pahit, ternyata pare sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Sebab pare mengandung zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan beta karoten. Nutrisi tersebut dapat menstabilkan glukosa pada penderita diabetes.

5. Bayam

Sayur bayam merupakan salah satu sayuran penurun gula darah. Bayam rendah kalori dan kaya serat, serta mengandung magnesium yang dapat membantu regulasi gula darah. Bayam juga mengandung senyawa berupa alfa-lipoic acid, yang memiliki efek antioksidan dan membantu mengurangi kadar gula darah. Selain itu, kandungan vitamin K dalam bayam juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang berperan penting dalam mengontrol gula darah.

Konsumsi bayam dalam bentuk mentah atau setengah direbus, juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan. Namun, penting untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan mengonsultasikan keadaan kesehatan Anda kepada dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi bayam dalam upaya menurunkan gula darah. 

Dengan mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut, Anda akan terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya, seperti diabetes, penyakit jantung, kolesterol, asam urat, dan sebagainya.

Penurun gula darah

Sejatinya makanan penurun gula darah seperti di atas akan lebih maksimal apabila Anda juga mengonsumsi herbal yang dapat membantu mengurangu gula darah. Contohnya herbal Bio Insuleaf. Herbal ini telah dikenal dapat memaksimalkan kinerja makanan atau minuman penurun gula darah bagi penderita diabetes tipe 2. 

Bio Insuleaf terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kayu manis, brotowali, mahkota dewa, dan mengkudu. Ramuan-ramuan tersebut terbukti mampu mengurangi gula darah dan aman dikonsumsi penderita diabetes. Apabila Anda berminat membeli Bio Insuleaf, silahkan klik link di bawah ini:

Beli Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar