Kolesterol Tinggi - www.insuleaf.id

7 Tanda-tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diremehkan

Tanda-tanda kolesterol sering kali diabaikan oleh banyak orang karena gejalanya yang susah ditebak. Alhasil tidak sedikit yang tetap menerapkan gaya hidup sembarangan. 

Pasalnya kolesterol tinggi yang tidak disadari bisa mengakibatkan stroke hingga serangan jantung. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja tanda kolesterol tinggi agar bisa tercegah dari risiko stroke dan serangan jantung.

Tanda-tanda kolesterol tinggi

Sebenarnya tanda-tanda kolesterol sulit diterka karena tidak spesifik dan tidak semua orang merasakan hal yang sama. 

Walau tidak ada gejala-gejala yang jelas, kolesterol tinggi memiliki tanda tertentu:

1. Sering mengantuk

Aliran darah tersumbat yang terjadi pada penderita kolesterol bisa menyebabkan sering mengantuk. Sebab darah tidak dapat menyuplai oksigen ke otak sehingga keluhan mudah ngantuk dan lelah sering terjadi.

2. Leher terasa capek

Gejala kolesterol yang paling mudah dideteksi adalah leher terasa pegal-pegal. Biasanya tanda ini sering muncul jika Anda

mengonsumsi makanan berlemak tinggi atau pantangan bagi penderita kolesterol.

Hal ini dikaitkan karena adanya penumpukan plak pada pembuluh darah leher. Sehingga darah tidak bisa mengalir dengan lancar.

3. Xanthomata dan xanthelasma

Xanthomata adalah kondisi penumpukan kolesterol pada bagian kulit dan urat. Gejala ini menunjukkan adanya bercak kekuningan yang berbentuk bulat.

Sedangkan xanthelasma adalah adanya bercak kekuningan pada area kelopak mata. 

4. Gumpalan pada urat

Selain itu, Anda juga bisa mendeteksi tanda kolesterol pada area urat. Jika terlihat adanya gumpalan berukuran setengah biji di dekat jari-jari, bisa jadi itu adalah tanda kolesterol.

Namun gejala tersebut tidak timbul rasa perih bahkan nyaris seperti benjolan biasa. 

5. Sakit kepala

Sakit kepala dapat menjadi gejala lain dari kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena plak kolesterol yang menumpuk pada dinding arteri dapat mengganggu aliran darah ke otak, yang dapat memicu sakit kepala.

6. Nyeri dada

Nyeri dada dapat menjadi tanda kolesterol tinggi yang lebih serius, yang dapat mengindikasikan adanya penyakit jantung koroner. Plak kolesterol yang menumpuk pada dinding arteri jantung dapat menyebabkan aliran darah terhambat, yang dapat memicu nyeri dada atau angina.

7. Kram kaki

Kolesterol tinggi juga dapat memengaruhi aliran darah ke ekstremitas, termasuk kaki. Jika Anda sering mengalami kram kaki atau kebas pada kaki, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah kolesterol yang perlu diperhatikan.

Sangat penting untuk segera memastikan dengan cara periksa diri ke dokter. Semakin awal Anda mengetahui kondisi kesehatan, semakin cepat proses penyembuhan.

Baca Juga: 6 Makanan Penurun Kolesterol yang Aman Dikonsumsi

Umumnya kolesterol dibarengi dengan penyakit kronis lainnya, seperti diabetes. Jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya segera konsumsi minuman herbal Bio Insuleaf.

Bio Insuleaf adalah herbal penurun gula darah tinggi yang juga bisa atasi kolesterol tinggi. Dengan mengkonsumsi Bio Insuleaf bisa meringankan gejala diabetes dan kolesterol Anda.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar