8 Gejala Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi yang Perlu Diwaspadai

Jangan pernah abaikan gejala tekanan darah tinggi! Penyakit ini bisa mengancam kesehatan jantung bahkan menyebabkan kematian mendadak.

Meski penyakit ini sering dialami olah orang usia 40 tahun ke atas, kini anak muda yang terkena penyakit hipertensi semakin meningkat.

Maka dari itu, Anda jangan pernah meremehkan hipertensi walau usia masih belia.

Baca Juga: Hubungan Hipertensi Dengan Diabetes yang Wajib Diketahui

Gejala tekanan darah tinggi

Berikut adalah beberapa gejala hipertensi paling umum terjadi. Apabila Anda mengalami gejala di bawah ini, segera periksakan diri ke dokter agar terhindar resiko buruk.

    • Sakit kepala
    • Sesak nafas
    • Pusing
    • Mimisan
    • Sakit dada
    • Telinga berdengung
    • Pandangan buram
    • Bercak merah pada mata

Tidak semua orang mengalami semua gejala-gejala di atas. Ada sebagian orang yang hanya mengalami beberapa gejala tersebut atau bahkan satu gejala saja. Untuk memastikan apakah Anda terkena tekanan darah tinggi, lakukan pemeriksaan ke dokter.

Cara mengobati gejala hipertensi

Selain memperhatikan gejala-gejala di atas, Anda juga perlu tahu cara efektif untuk menurunkan tekanan darah. Berikut adalah cara mengobati gejala hipertensi:

1. Rutin aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang paling direkomendasikan adalah berolahraga. Lakukan kegiatan ini minimal 3 kali dalam seminggu. Tidak melulu olahraga yang berat seperti angkat beban, Anda juga bisa melakukan olahraga yang sederhana seperti berjalan kaki minimal 30 menit setiap harinya.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Olahraga? Simak Penjelasan Ini!

2. Mengatur pola makan

Apabila Anda memiliki pola makan yang buruk, seperti jadwal makan tidak teratur dan makan sembarangan, segera tinggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Buatlah jurnal makan yang berisi jam makan dan menu makanan sehat. Pastikan setiap menu pada piring Anda terdapat sayur, buah, dan lauk. Hindari makanan yang berisiko pada penderita tekanan darah, seperti daging olahan. Kurangi juga konsumsi makanan yang mengandung garam, gula, dan lemak tinggi.

3. Minum obat

Pendampingan dari dokter bagi setiap penderita tekanan darah tinggi sangat berperan besar. Konsumsi suplemen atau obat-obatan yang telah diresepkan dokter. Dengan melakukan hal-hal yang dianjurkan dokter bisa membantu Anda dari risiko tekanan darah tinggi.

Jangan cuek jika gejala-gejala yang telah dijelaskan di atas sedang Anda rasakan. Sebab, hipertensi bisa berisiko pada komplikasi lain, yaitu diabetes atau gula darah tinggi. Bahaya sekali tubuh sudah terserang gula darah tinggi

Hipertensi dan diabetes

Apabila Anda adalah pengidap hipertensi sekaligus diabetes, ini berarti Anda sangat dianjurkan untuk memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat.  Salah satu caranya adalah minum herbal Bio Insuleaf. Herbal ini dapat membantu menurunkan gula darah dan meringankan tekanan darah tinggi. 

Untuk membeli Bio Insuleaf, hubungi CS kami dengan klik link di bawah ini.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar