Diabetes Bikin Stres? Lakukan 9 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

Diabetes kerap membuat kita cemas menyebabkan hari terasa suram. Rasa cemas ini bisa memicu memikirkan hal yang tidak-tidak, semangat jadi menurun bahkan makan pun tidak selera.

Kalau kamu merasa dalam kondisi ini berarti kamu sedang mengalami kecemasan atau kekhawatiran yang berlebihan.

Untuk itu kamu perlu menenangkan hati dan pikiran agar aktivitas harian tetap berjalan seperti biasa. 

Jangan khawatir, di bacaan ini kamu akan menemukan cara efektif untuk menyingkirkan segala pikiran buruk.

Cara menenangkan hati dan pikiran

Ikuti 9 strategi terbaik berikut ini agar pikiran lebih tenang:

1. Hindari asumsi buruk

Saat kita khawatir dengan sesuatu, otak cenderung akan memprediksi hal-hal yang belum terjadi. Suatu hal yang mungkin terjadi bukan berarti pasti akan terjadi.

Cobalah hindari pikiran buruk mengenai ini.

Pikir secara objektif, seberapa besar kemungkinan hal terburuk tersebut bisa terjadi? Apakah ada kemungkinan untuk mengatasi hal itu terjadi? Dan pikirkan mana yang paling besar peluangnya untuk terjadi berdasarkan kondisi kamu saat ini dan informasi yang kamu peroleh.

2. De-Fusion kognitif

Berhentilah memikirkan hal-hal yang membuat cemas di otakmu. Anggap saja apa yang dipikiranmu hanyalah lalu lalang daripada memikirkan bahwa itu adalah fakta atau benar.

Walaupun otak sangat peka pada kekhawatiran karena adanya bahaya yang akan menghampiri, kamu bisa mengontrol pikiran tersebut tanpa harus khawatir berlebihan.

3. Labeli pikiran

Melabeli pikiran sangat penting untuk mencegah kecemasan berlebih terutama bagi penderita diabetes.

Apabila kamu sedang berpikir akan gagal melalui ini maka labeli sebagai emosi khawatir. Jika kamu berpikir bahwa makanan yang kamu konsumsi tidak sehat labeli dengan pikiran kritikan.

Ini akan membantu kamu mana saja pikiran yang harus disingkirkan dan dipertahankan. Dengan mengetahui itu kamu akan lebih mudah menenangkan hati dan pikiran.

4. Putuskan apakah pikiran membantu atau tidak

Jika kamu sedang memikirkan atau mencemaskan sesuatu bukan berarti itu benar terjadi, kan? Fokuslah untuk memperbaiki yang bisa kamu lakukan sesuai kondisimu saat ini.

Apabila kamu cemas gula darah tinggi tidak dapat kembali stabil, kamu akan kurang motivasi sehingga malas untuk menerapkan gaya hidup yang sehat. 

Padahal kamu punya pilihan lain yaitu memutuskan untuk tidak cemas memikirkan kekhawatiran tersebut atau memilih untuk menerapkan gaya hidup sehat.

5. Terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan

Stres bisa memperburuk kondisi diabetes. Untuk mengurangi stres, terlibatlah dalam aktivitas yang menyenangkan seperti hobby atau olahraga favorit.

6. Komunikasi dengan dokter dan keluarga

Komunikasi dengan dokter sangat penting untuk memastikan bahwa kondisi diabetesmu terkendali dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jangan ragu untuk meminta dukungan dari keluarga dan teman dekatmu. Mereka bisa membantumu menghadapi stres dan memberikan dukungan emosional.

7. Jangan menunda-nunda perawatan

Segera konsultasikan dengan dokter jika kamu mengalami gejala diabetes. Jangan menunda-nunda perawatan karena hal ini dapat memperburuk kondisimu.

8. Lakukan relaksasi

Melakukan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mentalmu. Lakukan secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

9. Edukasi diri

Untuk menerapkan tips di atas, mengedukasi diri merupakan bagian terpenting. Dengan memperluas pengetahuan diri mengenai kesehatan terutama diabetes akan membantu kamu menghadapi penyakit ini dengan lapang.

Bersahabat dengan diabetes memang sulit, tetapi bukan berarti kamu tidak dapat menaklukkan penyakit ini. Kamu bisa menghadapi diabetes ini dengan tenang melalui menyingkirkan segala kecemasan.

10. Minum Bio Insuleaf

Diabetes pasti tidak akan membuat kamu terlalu cemas jika sudah menemukan solusi yang tepat. Apabila kamu stres karena gula darah tidak kunjung stabil setelah minum berbagai obat, ini berarti pertanda kamu harus move on ke obat lainnya.

Minum Bio Insuleaf menjadi anjuran utama buat kamu agar gula darah terkontrol. Semakin bagus kadar gula darah kamu, semakin rendah risiko stres atau depresi yang kamu rasakan. Oleh karena itu, pastikan kamu minum Bio Insuleaf agar pikiran tetap tenang demi gula darah stabil.

Silahkan beli Bio Insuleaf dengan menghubungi CS kami yaitu klik link berikut ini (Hubungi CS)

Sumber:

Psychology Today

Tinggalkan komentar