Apa itu Diet Mayo? Baca Selengkapnya di Sini!

Apakah Anda tertarik dengan diet mayo untuk turunkan berat badan atau cegah obesitas? Sebelum mempraktekkan diet ini, Anda perlu mengenal terlebih dahulu apa itu diet mayo serta risikonya. Sebab, diet mayo dikenal sebagai cara ekstrim bagi yang ingin segera menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Simak selengkapnya mengenai diet mayo di bawah ini!

Apa itu diet mayo?

Diet mayo atau mayo clinic diet adalah diet yang mengonsumsi makanan dengan rendah kalori dan rendah lemak. Nama “mayo” berasal dari kata “mayonnaise”, karena diet ini melibatkan pengurangan atau penggantian mayonnaise dalam makanan. Ciri khasnya adalah menu makanan yang seimbang dalam porsi kecil, termasuk protein rendah lemak, sayur-sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat kompleks. Diet mayo juga melibatkan pengurangan konsumsi gula dan garam.

Manfaat diet mayo

Program diet mayo memiliki beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh, yaitu sebagai berikut:

1. Menurunkan berat badan

Diet mayo memiliki pola makan yang rendah kalori dan lemak, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Diet ini melibatkan konsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol, seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan tinggi serat. Dengan demikian, diet ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan pencernaan

Karena diet ini menuntut untuk konsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, keuntungannya dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

4. Mengontrol asupan makanan

Diet mayo memiliki aturan tentang jenis dan jumlah makanan yang boleh dimakan. Hal ini dapat membantu menyadarkan pola makan seseorang dan mengurangi kebiasaan makan berlebihan.

5. Mengurangi risiko penyakit kronis

Dengan menurunkan berat badan dan mengadopsi pola makan sehat, diet mayo dapat membantu mengurangi risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker. 

Efek samping diet mayo

Meskipun diet ini diklaim oleh beberapa orang untuk membantu turunkan berat badan dengan cepat, namun secara umum tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan karena efek sampingnya yang berpotensi merugikan bagi kesehatan. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat diet mayo adalah:

1. Mengalami kelelahan dan kelemahan

Karena diet mayo sangat rendah kalori, tubuh mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan pada tubuh.

2. Ketidakseimbangan nutrisi

Ketetatan dalam membatasi kelompok makanan tertentu, bisa menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dan kekurangan vitamin, mineral, dan protein esensial yang penting bagi kesehatan tubuh.

3. Berisiko kekurangan nutrisi penting

Diet mayo yang sangat rendah karbohidrat juga dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting seperti vitamin B, kalsium, dan serat. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

4. Menurunkan metabolisme

Diet yang rendah kalori juga dapat menurunkan tingkat metabolisme tubuh. Hal ini dapat membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih sulit di masa depan. Penting untuk dicatat bahwa efek samping ini dapat bervariasi untuk setiap individu, tergantung pada faktor-faktor seperti kesehatan, metabolisme tubuh, dan kepatuhan terhadap diet mayo.

Menu diet mayo

Namun, apabila Anda tetap ingin menjalani diet mayo ini, Anda perlu menyiapkan diri agar tidak menyiksa tubuh sendiri. Berikut adalah salah satu contoh menu makanan dalam diet mayo yang termasuk aman dilakukan:

Makan pagi:
– Secangkir teh hijau tanpa gula
– 1 telur rebus
– Seiris roti gandum
– 1 buah pisang

Makan siang:
– Sosis ayam panggang tanpa lemak
– Nasi merah
– Sayur-sayuran kukus seperti brokoli, kembang kol, dan wortel
– Segelas air putih

Selingan:
– 1 apel

Makan malam:
– Tumis ayam fillet dengan bawang putih dan cabai
– Segelas air putih

Snack:
– Yogurt rendah lemak

Selain asupan makanan sehat, untuk memperoleh hasil yang maksimal dianjurkan berolahraga setiap hari atau seminggu 5 kali. Apabila Anda sedang menerapkan diet mayo namun tubuh bereaksi buruk segera mintalah bantuan medis.

Tinggalkan komentar