tes gula darah

Fenomena Fajar: Gula Darah Tinggi di Pagi Hari

Salah satu gejala penderita diabetes yang sering dialami adalah fenomena fajar atau gula darah tinggi di pagi hari. Gejala ini membuat penderita mengalami gejala gula darah saat pagi hari dan mengalami lonjakan gula darah.

Fenomena fajar

Dawn phenomenon atau fenomena fajar adalah kondisi glukosa yang ada pada darah penderita diabetes mengalami kenaikan drastis di pagi hari. Umumnya peristiwa ini terjadi sekitar jam 2 hingga 8 pagi.

Apa penyebab fenomena fajar?

Sebenarnya penyebab fenomena fajar masih belum jelas diketahui. Namun sebagian peneliti mengungkapkan bahwa karena adanya pelepasan hormon, glukagon, kortisol, dan adrenalin, di pagi hari. 

Ketika hormon-hormon tersebut meningkat, bagian hati akan melepaskan glukosa pada aliran darah dalam tubuh untuk menghasilkan energi saat bangun tidur. Akan tetapi pada penderita diabetes tidak dapat menghasilkan insulin secara maksimal setelah proses tersebut. Akibatnya penderita akan mengalami gejala diabetes yaitu fenomena fajar.

Apabila Anda mengalami peningkatan gula darah saat pagi hari, Anda dianjurkan untuk cek gula darah saat pagi hari, sekitar jam 2 pagi hingga 3 pagi. Dengan melacak dan mengetahui kadar gula darah setiap malamnya, dokter akan mengetahui penyebab serta cara mengatasi kenaikan gula darah yang Anda alami.

Baca Juga: Cari Tahu Berapa Kadar Gula Darah Normal

Bagaimana cara menghindari fenomena fajar?

Dilansir dari Mayo Clinic, dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan beberapa saran berikut ini:

  • Hindari makan karbohidrat di malam hari atau sebelum tidur malam
  • Makan malam lebih awal, lebih baik saat sore hari
  • Gunakan obat dan suntikan insulin sesuai aturan
  • Ganti obat
  • Berolahraga sebelum tidur malam
  • Ubah jadwal kapan harus minum obat atau suntik insulin
  • Gunakan pompa insulin sebagai insulin ekstra di malam hari. (Lakukan ini wajib dari arahan dokter)
  • Segera sarapan saat bangun tidur. Makan pagi lebih awal akan membantu tubuh menghasilkan insulin untuk meredakan gula darah tinggi
  • Sarapan pagi dengan rendah karbohidrat
  • Minum herbal Bio Insuleaf

Nah, itu adalah beberapa cara agar Anda terhindar dari fenomena fajar atau gula darah tinggi di pagi hari. Selain melakukan tips di atas, sangat dianjurkan konsumsi herbal diabetes yaitu Bio Insuleaf.

Bio Insuleaf adalah obat herbal yang akan membantumu menurunkan gula darah dan mengurangi gejala-gejala diabetes sepanjang waktu. Jadi, Anda tidak perlu khawatir di pagi hari mengalami gula darah tinggi lagi.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar