Diabetes, Gaya Hidup

intermittent fasting - www.insuleaf.id

Apa Itu Intermittent Fasting? Simak Penjelasan Ini!

No Comments

Terdapat beberapa jenis puasa, salah satu yang cukup populer adalah intermittent fasting. Meski begitu, banyak yang belum begitu paham cara penerapan jenis puasa ini.

Lantas, apa itu intermittent fasting? Bagaimana cara penerapan dan apa saja manfaatnya? Yuk, simak artikel ini hingga tuntas!

Apa itu intermittent fasting?

Intermitten fasting adalah metode puasa jeda yang sedang populer untuk mengontrol berat badan.

Metode ini ampuh untuk mengontrol nafsu makan serta mencegah gula darah naik, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin hidup sehat.

Cara menerapkan intermittent fasting

Seseorang yang menerapkan metode ini harus membatasi waktu makan dalam sehari, misalnya hanya makan dalam 8 jam dan berpuasa selama 16 jam.

Hal ini dapat membantu mengurangi asupan kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Diet intermittent fasting tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, salah satu manfaat paling populer adalah bisa mengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

Apabila Anda penderita diabetes yang berminat menerapkan metode diet ini, banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Manfaat diet intermittent fasting

Berikut adalah daftar manfaat diet intermittent fasting terutama untuk penderita diabetes:

1. Mengurangi resistensi insulin

Resistensi Insulin terjadi jika sel tubuh tidak merespons hormon insulin dengan baik. Glukosa pun menumpuk dalam darah dan kadar gula darah menjadi tinggi.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Hormone and Metabolic Research, diet dengan metode Intermittent Fasting bisa mengurangi resistensi insulin pada pengidap diabetes tipe 2.

2. Menurunkan berat badan

Intermittent fasting telah diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan efektif. Dengan menjalankan intermitten fasting, kita membatasi kalori harian, jumlah waktu makan, dan memperpanjang waktu puasa.

Hal ini dapat membantu mengontrol asupan kalori secara keseluruhan dan membuat tubuh membakar lemak sebagai sumber energi. Namun, penting untuk memilih pola intermitten fasting yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan mengkonsultasikan dengan dokter atau ahli nutrisi.

3. Menormalkan kadar gula darah untuk sementara

Sebuah laporan studi pada 2018 menemukan bahwa IF berpotensi membuat pasien diabetes mengalami remisi. 

Remisi adalah kondisi ketika gula darah turun ke tingkat yang sehat sehingga pasien bisa lepas dari obat diabetes untuk sementara.

Pada laporan tersebut, pasien diabetes juga mengalami perkembangan dalam lingkar pinggang, indeks massa tubuh (IMT), dan kadar HbA1C. Dalam satu bulan, mereka pun tidak lagi perlu menggunakan insulin karena telah mencapai remisi.

Tips intermittent fasting

Intermittent fasting pada dasarnya merupakan diet yang aman bagi orang yang sehat, tapi memang cukup berisiko untuk pengidap diabetes. Jika Anda tertarik mengikuti diet ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Konsultasi ke dokter

Sebelum mulai melakukan IF, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter untuk memastikan keamanannya. Anda harus menjalani pengobatan diabetes sesuai anjuran, mengatur pola makan, dan memahami efek samping yang mungkin muncul.

2. Tentukan jenis IF yang cocok untuk Anda

Ada banyak cara melakukan diet puasa, misalnya dengan periode puasa selama 16 jam dan periode makan selama 8 jam. Anda bisa bertanya pada dokter mana metode intermittent fasting yang paling cocok dan aman untuk pengidap diabetes.

3. Makan makanan yang sehat

Perbanyak mengonsumsi makanan yang baik untuk diabetesi, seperti buah, sayuran, karbohidrat kompleks, dan sumber protein. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup.

4. Berhenti jika ada efek samping

Hipoglikemia dan hiperglikemia dapat berbahaya bagi pengidap diabetes. Maka dari itu, berhentilah berpuasa bila Anda mulai mengalami efek samping seperti sakit kepala, lemas, mual, atau muntah.

Cara menurunkankan gula darah

Bio insuleaf adalah ramuan herbal untuk menurunkan gula darah dan meringankan kencing manis. Bio Insuleaf teruji telah melalui proses sertifikasi BPOM RI dengan nomor pendaftaran di setiap kemasan.

Beli Bio Insuleaf melalui Customer Service kami dengan klik link di bawah.

Pesan Bio Insuleaf

Biar Stabil, Lakukan 5 Cara Mencegah Naiknya Gula Darah
7 Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes

Tinggalkan komentar