10 Makanan Penurun Gula Darah dan Kolesterol

Bagi Anda yang tidak tahu apa saja makanan yang aman untuk penderita diabetes dan kolesterol, maka Anda berada di halaman yang tepat. Di bawah ini terdapat beberapa makanan penurun gula darah dan kolesterol yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Makanan penurun gula darah dan kolesterol

Berikut adalah 10 daftar makanan penurun gula darah dan kolesterol yang bisa Anda konsumsi:

1. Sayur bayam

Sayur bayam adalah sayuran hijau mengandung berbagai zat-zat nutrisi yang berguna bagi tubuh, di antara lain vitamin, mineral, zat besi, magnesium, kalium, asam folat, dan kalsium.

Nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan gula darah bahkan bisa memberantas kolesterol jahat.

2. Brokoli

Brokoli diketahui memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral. Di dalam brokoli juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Brokoli dicatat memiliki kandungan antioksidan dan serat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. S

ayuran ini juga kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin A yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Brokoli juga diketahui memiliki kandungan sulforaphane yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus.

3. Lobak

Lobak adalah sayuran rendah kalori dan kaya serat yang dapat memberikan manfaat kesehatan untuk penderita diabetes dan kolesterol.

Serat yang terkandung di dalam lobak dapat membantu mengontrol gula darah dengan meningkatkan kadar insulin sensitifitas di dalam tubuh.

Lobak mengandung senyawa alami yang disebut asam linoleat yang telah terbukti dapat memperbaiki kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

4. Okra

Okra atau lady’s finger adalah sayuran yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk penderita diabetes dan kolesterol.

Okra mengandung serat larut yang membantu mengurangi penyerapan gula darah dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian, konsumsi okra telah terbukti menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Okra mengandung senyawa antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi okra secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Ikan tuna

Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk orang yang menderita diabetes dan kolesterol. Ikan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Ikan tuna kaya akan asam lemak omega-3, sehingga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

6. Ayam dada

Ayam dada memiliki manfaat untuk penderita diabetes dan kolesterol karena kandungan proteinnya yang tinggi dan lemak jenuh yang rendah. Konsumsi ayam dada secara teratur dapat membantu mengatur kadar glukosa darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, ayam dada juga kaya akan vitamin B dan mineral seperti seng dan selenium, yang dapat membantu memperkuat sistem imun dan mencegah berbagai penyakit lainnya. Namun, konsumsi ayam dada sebaiknya dalam jumlah yang tepat dan diproses dengan cara yang sehat, seperti dikukus atau diolah tanpa lemak tambahan. 

Baca Juga: 20 Menu Diabetes Selama Seminggu

7. Ikan trout

Ikan trout merupakan sumber protein yang baik dan kaya akan nutrisi seperti omega-3, vitamin B6, vitamin B12, selenium, niacin, serta fosfor.

Dalam penelitian, konsumsi ikan trout dapat memberikan manfaat bagi penderita diabetes dan kolesterol, di antaranya meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan risiko komplikasi diabetes, dan menjaga kesehatan jantung.

8. Labu

Labu mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi penderita diabetes dan kolesterol. Labu mengandung alpha-lipoic acid yang dapat membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, labu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Beta-sitosterol pada labu juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

9. Kedelai

Jenis makanan ini mengandung protein, serat, dan isoflavon yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes.

Bahkan kedelai mengandung asam lemak omega-3 dan serat yang dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

10. Terong

Terong dapat memberikan manfaat bagi penderita diabetes dan kolesterol karena mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Terong mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes dan kolesterol tinggi.

Demikian penjelasan mengenai makanan yang bisa membantu menurunkan gula darah dan koelsterol. Tidak lupa, konsumsi obat herbal Bio Insuleaf untuk membantu memaksimalkan kinerja makanan sehat.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar