Awas Diabetes! 6 Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Minuman bersoda ternyata mengandung gula tinggi yang bisa memicu lonjakan gula darah. Satu gelas minuman bersoda rata-rata mengandung 15 sampai 18 sendok teh gula dan lebih dari 240 kalori.

6 bahaya minuman bersoda

Mempelajari apa saja bahaya minuman soda atau air berkarbonasi berguna agar Anda memiliki kehidupan yang sehat.

Apalagi minuman ini berbahaya bagi kesehatan yang sangat penting untuk dihindari. Oleh karena itu, pelajari apa saja bahayanya di bawah ini.

1. Gagal ginjal

Minuman bersoda secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya beberapa kondisi yang dapat menyebabkan masalah ginjal seperti gagal ginjal.

Hal ini bisa terjadi karena adanya kenaikan tekanan darah yang dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di ginjal.

2. Asam urat

Konsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan risiko terjadinya asam urat. Minuman bersoda mengandung fruktosa, yaitu jenis gula, yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

Umumnya minuman soda mengandung tinggi purin, zat yang ketika diolah oleh tubuh akan menjadi asam urat.

Jadi, meskipun minuman bersoda tidak langsung menyebabkan asam urat, tetapi dapat meningkatkan risiko terjadinya asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. 

3. Osteoporosis

Minuman bersoda memiliki kandungan kafein dan fosforat dapat mempengaruhi penyerapan kalsium dalam tubuh.

Minum minuman bersoda yang berlebihan juga dapat menggeser pola makan yang sehat, menyebabkan defisiensi nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang.

Selain itu, kandungan gula tambahan juga dapat meningkatkan risiko obesitas, yang dapat mempengaruhi kesehatan tulang.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi minuman bersoda secara terbatas dan memprioritaskan makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. 

4. Gigi rusak

Jangan meremehkan pengaruh minuman soda pada kesehatan gigi. Siapa sangka jika minuman menyegarkan ini malah menyebabkan kerusakan gigi.

Sebab di dalam satu gelasnya mengandung asam yang dapat melarutkan lapisan luar yang disebut enamel gigi. Selain itu, terdapat kandungan gula yang dapat memberikan makanan bagi bakteri di mulut dan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan gigi. 

Baca Juga: Pengaruh Diabetes dan Kesehatan Gigi yang Perlu Diwaspadai

5. Obesitas

Komposisi bahan dengan kadar gula dan kalori tinggi dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko obesitas.

Konsumsi berlebihan minuman ini dapat mempercepat penambahan berat badan karena gula dalam minuman bersoda dapat langsung diserap oleh tubuh dan tidak memberikan rasa kenyang.

6. Diabetes

Selain risiko kelebihan berat badan, minuman bersoda juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis lainnya, seperti diabetes tipe 2, serangan jantung, stroke, dan kolesterol.

Hal ini karena kandungan gula yang tinggi dapat memicu resistensi insulin pada pankreas sehingga terjadi lonjakan glukosa dalam darah dan berujung pada diabetes.

Apabila Anda tidak dapat mengontrol asupan minuman bersoda tentunya peluang terkena diabetes dan penyakit jantung semakin besar. Sebaiknya hindari minuman jenis ini agar tidak mudah terkena penyakit.

Namun, apabila Anda adalah penderita diabetes karena dipengaruhi gaya hidup buruk termasuk konsumsi soda berlebihan, maka Anda harus segera meninggalkan gaya hidup tersebut.

Mulailah diet dengan menerapkan pola makan teratur dan sehat. Selain itu, Anda juga dianjurkan minum Bio Insuleaf yang bisa membantu turunkan gula darah dan atasi diabetes.

Bagi Anda yang berniat pesan Bio Insuleaf untuk atasi diabetes, silahkan klik link di bawah ini.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar