Bahaya Banget! Ini 5 Sayuran yang Tidak Boleh Dipanaskan Lagi

Tidak sedikit orang memanaskan ulang ketika sayuran mendingin. Banyak yang mengira dengan melakukan hal tersebut kesegaran sayuran tetap terjaga dan nikmat. Padahal di balik itu terdapat racun yang bisa mengancam kesehatan.

Sayuran yang tidak boleh dipanaskan

Lantas, apa saja ya sayuran yang tidak boleh dipanaskan lagi? Simak penjelasan berikut ini

1. Bayam

Siapa yang tidak suka sayur idola jutaan orang yang satu ini? Sayur bayam yang sering dijadikan menu makanan ini rupanya berbahaya jika dipanaskan ulang, loh.

Kandungan bayam yaitu nitrat bisa berubah menjadi masalah jika dipanaskan lagi. Zat ini akan mengeluarkan efek gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Walau nitrat merupakan nutrisi yang baik, zat ini akan menjadi musuh tubuh jika diolah dengan cara yang salah.

2. Brokoli

Brokoli adalah contoh sayuran lainnya yang juga dilarang keras dipanaskan ulang. Sama halnya dengan bayam, brokoli mengandung nitrat yang berubah menjadi racun. Bahkan risiko terburuknya adalah bisa menyebabkan kanker.

3. Wortel

Sayuran yang dilarang selanjutnya adalah wortel. Siapa sangka jenis makanan satu ini mengandung nitrat tinggi yang bisa memicu malapetaka bagi tubuh. Sebaiknya siapkan porsi kecil jika tidak habis dalam sekali makan.

4. Kangkung

Sayur kangkung merupakan sayuran bernutrisi melimpah yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, gizi tersebut bisa saja hilang karena dipanaskan ulang. Kandungan nitrat dan zat besi yang tinggi bisa berubah menjadi jahat jika kamu memanaskan lagi sayuran ini.

5. Seledri

Seledri merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan nitrat tinggi. Saat dipanaskan ulang, zat ini dapat berubah menjadi nitrit yang bisa menyebabkan methemoglobinemia atau kelainan darah akibat kelebihan kadar methemoglobin.

Dari daftar di atas, dapat disimpulkan bahwa sayuran-sayuran tersebut tidak dianjurkan dipanaskan lagi. Sebaiknya siapkan porsi secukupnya dan pastikan habis. Hindari sebisa mungkin memanaskan kembali sayuran-sayuran di atas.

Sayangi kesehatanmu dengan memperhatikan cara mengolah makanan terutama sayuran. Agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga, tubuh juga diuntungkan. 

Apakah kamu mengalami gula darah tinggi? Yuk, konsumsi Bio Insuleaf obat herbal diabetes yang menjaga gula darah tetap stabil dan mengurangi gejala diabetes.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber

Brillio

Tinggalkan komentar