manfaat teh hijau yang melimpah

Bikin Heboh! Ternyata ini 8 Manfaat Teh Hijau yang Melimpah

Anda suka minum teh hijau? Siapa sangka jika teh ini memiliki manfaat yang melimpah bagi kesehatan. Minuman ini sering diseduh saat cuaca sedang dingin apalagi di musim penghujan seperti saat ini.

Bagi Anda yang penasaran apa saja manfaat teh hijau untuk kesehatan, baca artikel ini hingga selesai, yuk!

Manfaat teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang kaya manfaat untuk kesehatan. Teh hijau berasal dari daun teh Camellia sinensis yang telah difermentasi. Berikut adalah 7 manfaat teh hijau untuk kesehatan:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Teh hijau mengandung katekin dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih cepat. Hal ini membuat teh hijau menjadi minuman yang baik untuk membantu menjaga berat badan ideal.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Senyawa katekin dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Senyawa ini membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh hijau mengandung asam amino L-theanine yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. L-theanine dapat meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin, yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca: Mengenal Waktu Tidur yang Baik Demi Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kafein dan L-theanine dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan kognisi dan kewaspadaan mental. Teh hijau juga mengandung polifenol yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas. Antioksidan dalam teh hijau juga dapat membantu meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Teh hijau dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Teh hijau mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri penyebab bau mulut dan kerusakan gigi.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teh hijau mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dalam teh hijau dapat membantu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Mengontrol gula darah

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. 

Namun, perlu diingat bahwa teh hijau bukanlah pengganti obat-obatan diabetes yang diresepkan oleh dokter, sehingga tetap diperlukan pengawasan medis yang tepat untuk mengontrol kadar gula darah.

Untuk mengurangi kekhawatiran mengenai gula darah, sangat dianjurkan mengkonsumsi herbal Bio Insuleaf. Herbal ini akan membantu Anda menurunkan gula darah tinggi dan mengurangi gejala diabetes.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber

NCBI

Pubmed

Tinggalkan komentar