Brokoli tinggi serat

Bisa Turunkan Berat Badan, Ini 5 Makanan yang Tinggi Serat

Makanan yang tinggi serat dikenal sebagai nutrisi yang dapat menyehatkan sistem pencernaan. Hal itu tidak salah, namun yang banyak orang tidak ketahui adalah manfaatnya lebih dari itu.

Ada banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh hanya mengkonsumsi makanan berserat. Lantas, apa saja makanan yang tinggi serat? Simak ulasan di bawah ini.

Makanan yang tinggi serat

Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang tinggi serat yang harus kamu makan.

1. Brokoli

Walaupun ukurannya tidak begitu besar, jangan pernah sepelekan khasiat sayur satu ini. 

Satu buah brokoli mengandung serat, vitamin K, vitamin C, potasium, zat besi, mangan, dan antioksidan. Zat antioksidan telah terbukti dapat melawan kanker.

Selain itu, brokoli juga mengandung protein tinggi. Sehingga sayur ini sering digadang-gadang sebagai sayuran paling bernutrisi.

2. Wortel

Pada sebuah wortel kamu dapat memperoleh serat sebesar hampir 4 gram. Terdapat kandungan lain yang bergizi, yaitu vitamin K, vitamin B6, magnesium, dan beta karoten. 

Tidak hanya itu, wortel juga memiliki antioksidan berguna untuk mencegah tubuh dari risiko kanker.

Kamu juga bisa mengolah sayuran ini dengan cara direbus dan jadi sup sayur. Tambahkan sayuran lain agar nutrisinya makin melimpah.

3. Pisang

Pisang sedang mengandung 2,6 gram.

Pisang adalah buah kaya akan vitamin B6, vitamin C, dan potasium. Pisang belum matang memiliki pati resisten atau tipe karbohidrat berfungsi sama seperti serat.

Umumnya jenis pisang belum matang kadar gulanya masih rendah sehingga tidak memicu kenaikan gula darah.

Baca Juga: Kandungan Gula pada Pisang, Diabetesi Wajib Tahu

4. Apel

Sementara itu, buah apel berukuran sedang memiliki kadar serat sebanyak 4,4 gram.

Apel sering dijadikan sebagai pilihan buah untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kadar gula darah.

5. Alpukat

Buah alpukat kerap menjadi pilihan ideal bagi yang ingin menurunkan berat badan. Buah ini terbukti mengandung serat tinggi yaitu sebesar 10 gram. 

Selain itu, alpukat juga sumber dari nutrisi lain, seperti potasium, magnesium, vitamin C, dan vitamin E.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Daftar buah di atas bermanfaat untuk menurunkan gula darah tinggi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk memperbanyak makan makanan di atas. Asalkan tidak ada tambahan pemanis lain. 

Untuk mengatur gula darah agar tetap stabil, kamu dapat minum BIO INSULEAF. Obat herbal mengandung bahan-bahan alami dan terbukti ampuh turunkan gula darah.

Sumber:
Health Line

Tinggalkan komentar