Bisa Untuk Diet, Berapa Kalori 1 Lembar Roti Gandum?

Pada selembar roti gandum memiliki kalori dengan jumlah yang kecil disertai nutrisi-nutrisi lain. Berapa jumlah kalori 1 lembar roti gandum? Apa saja nutrisi pada 1 lembar roti gandum? Temukan jawaban tersebut di bawah ini.

Kalori 1 lembar roti gandum

Kalori 1 Lembar Roti Gandum

Ketahui kalori 1 lembar roti gandum sebagai solusi dietmu. Berdasarkan Nutrinionix, jumlah kalori pada 1 lembar roti gandum adalah 81 kalori. Jumlah tersebut cukup rendah dibandingkan dengan jenis roti lain yang memiliki kalori tinggi. Dengan mengkonsumsi selembar roti gandum kamu bisa menurunkan berat badan secara maksimal.

Selain jumlah kalori yang rendah, selembar roti gandum memiliki nutrisi lain yaitu sodium sebesar 146 miligram, protein 4 gram, dan potasium miligram. Jumlah nutrisi tersebut bisa berubah jika kamu menambahkan bahan lain seperti mentega, selai, maupun gula.

Nutrisi kalori 1 lembar roti gandum 

Dalam satu lembar roti gandum, kamu akan memperoleh banyak nutrisi, yaitu:

  • Lemak sehat
  • Sodium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Zinc
  • Vitamin B
  • Vitamin E
  • Antioksidan

Perbedaan roti biasa dan roti gandum

Tidak sedikit orang-orang merasa kebingungan cara membedakan roti biasa dengan roti gandum. Pasalnya kedua jenis roti tersebut nyaris memiliki penampilan yang sama.

Nah, agar kamu tahu cara membedakan keduanya, simak ulasan berikut ini:

  • Roti gandum terbuat dari gandum yang menggunakan biji-bijian. Dari bahan tersebut selembar roti gandum memiliki banyak nutrisi meliputi lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. 
  • Sedangkan roti biasa menggunakan tepung halus yang memerlukan beberapa proses produksi untuk menghilangkan dedak padi dan bibit.

    Menurut peneliti, proses tersebut bisa menghilangkan manfaat dari nutrisi pada tepung. Zat yang tersisa hanyalah zat tepung yang memiliki rendah nutrisi.
  • Roti gandum memiliki lebih banyak serat dibandingkan dengan roti biasa. Sebab pada selembar roti gandum memiliki serat sebesar 3 atau 4 gram, sedangkan roti biasa hanya 1 gram saja.
  • Tekstur roti gandum lebih kasar karena terdapat biji-bijian di dalamnya. Sedangkan roti biasa memiliki tekstur yang sangat lembut.
  • Warna roti gandum lebih gelap dibandingkan dengan roti biasa yang berwarna cerah.

Manfaat kalori 1 lembar roti gandum

Sudah tidak asing lagi jika roti gandum sangat baik untuk kesehatan terutama kemampuannya menurunkan berat badan. Lantas, apa saja manfaat-manfaat roti gandum lainnya? Berikut adalah jawabannya:

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkonsumsi roti gandum sama saja dengan makan serat tinggi. Serat terbukti bisa mencegah dari risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi 28 gram roti gandum per hari dapat mengurangi risiko kolesterol.

  • Menurunkan berat badan

Banyak ahli menyarankan pelaku diet untuk mengkonsumsi roti gandum karena kalori yang rendah. Serat pada roti gandum bisa membantu kamu menahan rasa lapar sehingga bisa menurunkan berat badan lebih maksimal.

  • Mengontrol gula darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi roti gandum bisa mengontrol gula darah dan kadar insulin. Selain itu, roti gandum juga bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Selain mengonsumsi roti gandum, mengontrol gula darah bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi Bio Insuleaf. Obat herbal Bio Insuleaf adalah rempah alami yang berfungsi untuk menurunkan gula darah dan mengendalikan diabetes.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar