kue nastar

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Kue Nastar?

Pertanyaan yang sering muncul saat hari raya, apakah penderita diabetes diperbolehkan makan kue nastar?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu diketahui bahwa diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin dengan efektif. Penderita diabetes harus memperhatikan asupan makanan dan minuman mereka untuk menjaga kadar gula tetap stabil.

kue nastar

Bolehkah penderita diabetes makan kue nastar?

Kembali ke pertanyaan utama, apakah nastar aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes? Secara umum, penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula atau karbohidrat sederhana, seperti roti, kue, permen, dan minuman manis. Nastar sendiri termasuk kue kering yang mengandung banyak gula karena menggunakan selai nanas dengan tambahan gula.

Namun, bukan berarti pasien diabetes harus menghindari kue ini sepenuhnya. Sebagai gantinya, Anda perlu memperhatikan ukuran porsi dan seberapa sering konsumsi kue lebaran ini. Satu atau dua biji kecil mungkin tidak berdampak signifikan pada gula darah jika dikonsumsi bersama makanan utama yang seimbang.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Kurma?

Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau tanpa disertai makanan utama yang seimbang, akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berbahaya bagi penderita diabetes.

Selain itu, penderita diabetes juga perlu memperhatikan bahan-bahan lain yang digunakan dalam pembuatan nastar. Beberapa bahan yang sering digunakan dalam nastar, seperti mentega dan tepung terigu, juga dapat memengaruhi kadar gula darah.

Oleh karena itu, sebaiknya penderita diabetes memilih kue yang dibuat dengan bahan-bahan yang sehat, seperti tepung terigu rendah gluten dan mentega tanpa garam.

Selain itu, ada juga pilihan yang dibuat dengan gula khusus penderita diabetes, seperti stevia atau xylitol. Pengganti gula ini memiliki rasa yang mirip dengan gula, namun memiliki kalori dan indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berbahaya bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Manfaat Daun Stevia, Pemanis Pengganti Gula

Tips makan kue nastar untuk penderita diabetes atau gula darah

Terdapat beberapa tips bagi Anda yang ingin mengonsumsi kue nastar, tidak hanya kue satu jenis ini tetapi juga untuk kue kastengel, putri salju, maupun kue-kue lainnya. 

1. Pilih bahan yang rendah gula
2. Jangan makan terlalu banyak dalam satu waktu, tetapi dibatasi jumlah yang wajar sesuai dengan rencana makan harian Anda.
3. Pilih tepung rendah indeks glikemik
4. Hindari penggunaan selai manis
5. Tambahkans serat dengan serbuk biji rami atau serbuk serat psyllium
6. Istirahatkan adonan kue selama beberapa saat sebelum dimasak, karena ini dapat membantu mengurangi penyerapan gula
7. Pastikan untuk menjaga pola makan sehat secara keseluruhan dan mengontrol konsumsi karbohidrat dari sumber lainnya dalam menu anda.
8. Minum herbal Bio Insuleaf secara rutin

Bio Insuleaf adalah herbal alami untuk menurunkan gula darah tinggi dan atasi diabetes. Obat ini berguna apabila Anda mengalami lonjakan gula saat mengonsumsi kue lebaran tersebut. Bagi Anda yang tertarik konsumsi Bio Insuleaf silahkan klik link di bawah ini.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar