Biar Stabil, Lakukan 5 Cara Mencegah Naiknya Gula Darah

Cara mencegah naiknya gula darah sebenarnya tidak sulit asal ada kemauan besar untuk mengubah gaya hidup. Ungkapan “mencegah lebih baik daripada mengobati” memang benar adanya.

Pasalnya, diabetes adalah penyakit yang membutuhkan perawatan seumur hidup. Maka dari itu, penting untuk melakukan langkah pencegahan diabetes mulai dari sekarang.

Cara mencegah naiknya gula darah

Berikut adalah beberapa cara mencegah kenaikan gula darah dan bisa mengendalikan diabetes:

1. Hindari olahan karbohidrat

Untuk mencegah naiknya gula darah pada tubuh, Anda perlu mengubah pola makan dan menghindari karbohidrat olahan.

Jenis karbohidrat olahan antara lain roti putih, biskuit, cake, nasi, dan juga makanan bertepung.

Umumnya, makanan yang tergolong karbohidrat olahan sudah tidak lagi memiliki serat, vitamin, dan mineral karena seluruh kandungan tersebut hilang selama makanan diproses.

Solusi terbaik untuk mencegah diabetes adalah mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks berserat tinggi.

Biji-bijian, kacang-kacangan, legumes, beras merah, dan sayuran termasuk dalam makanan karbohidrat kompleks yang dapat menstabilkan gula darah.

Baca Juga: Mengenal Karbohidrat Sederhana dan Karbohidrat Kompleks

2. Menjaga berat badan tetap ideal

Menerapkan diet sehat merupakan salah satu cara efektif dalam menjauhkan keluarga dari diabetes.

Diet sehat dengan pemilihan nutrisi yang tepat membantu tubuh menstabilkan gula darah, serta menghindari lonjakan gula darah tinggi.

Maka sebaiknya selalu memastikan setiap makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Setidaknya, menu harian mengandung karbohidrat, protein, serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral. Intinya jika Anda menjaga berat badan tetap dalam ambang sehat bisa mencegah meningkatnya resiko gula darah tinggi

3. Berolahraga secara rutin

Menerapkan olahraga secara rutin sangat penting, apalagi untuk penderita diabetes melitus.

Olahraga bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil bagi diabetesi. Meskipun dianjurkan, penderita diabetes harus menyesuaikan kondisi kesehatannya dengan jenis olahraga atau senam dan intensitas yang dilakukan.

Berolahraga merupakan cara untuk menjaga berat turun yang berbanding lurus dengan menurunnya gula darah.

Hal ini bisa Anda lakukan bahkan dari cara yang paling sederhana seperti berjalan sehari-hari.

Baca Juga: Pentingnya Olahraga Untuk Penderita Diabetes

4. Minumlah lebih banyak air putih

Bagi para penderita diabetes, menjalankan pola hidup sehat sudah menjadi hal wajib agar kadar gula di dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik.

Selain itu, minum air putih juga sangat disarankan untuk penderita diabetes.

Hal ini dikarenakan air mineral sangat bagus untuk mengendalikan kadar gula darah.

Dengan minum air putih yang cukup maka proses rehidrasi di dalam tubuh bisa berjalan lancar sehingga kelebihan gula bisa dialirkan dan dikeluarkan melalui air seni.

Dilansir dari diabetes.co.uk, jika asupan air lebih banyak dibutuhkan oleh penderita diabetes ketimbang yang bukan penderita.

Nantinya, air yang diminum akan membantu fungsi ginjal untuk mengeluarkan gula berlebih di dalam tubuh.

Kurangnya asupan air putih dalam tubuh menyebabkan gula darah melonjak drastis. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi lebih banyak air minum dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

5. Kurangi asupan gula

Membatasi asupan gula setiap hari terbukti mampu meningkatkan kesehatan dan mencegah masalah kesehatan yang diakibatkan gula

Selain itu, minuman yang dianggap sehat, seperti jus buah dan smoothies, juga bisa mengandung gula tambahan yang tinggi.

Oleh sebab itu, mengurangi asupan minuman manis dapat membantu mengurangi konsumsi gula dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Minum Bio Insuleaf

Cara lainnya untuk mencegah gula darah naik adalah dengan mengkonsumsi obat herbal Bio Insuleaf. Obat ini bisa membantu menurunkan kadar glukosa dan meringankan gejala diabetes..

Bio insuleaf ini ramuan herbal yang diolah dan disatukan dengan cara tiga tekhnik ekstraksi sehingga menghasilkan energi penyembuhan dari alam yang bermanfaat mencegah naiknya lonjakan gula darah.  

Apabila Anda tertarik untuk mengendalikan diabetes menggunakan Bio Insuleaf, silahkan klik link di bawah ini untuk pemesanan Bio Insuleaf.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar