kaki busuk diabetes

5 Cara Menyembuhkan Kaki Busuk Diabetes

Kaki busuk merupakan salah satu komplikasi parah akibat penyakit diabetes. Biasanya kondisi kaki yang terlanjur membusuk mau tidak mau diamputasi.

Namun, risiko amputasi ini bisa diperkecil apabila bagian luka tidak besar dan berpeluang bisa disembuhkan. Apabila Anda mengalami kondisi ini, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi kaki busuk akibat diabetes.

Cara menyembuhkan kaki busuk diabetes

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk mengatasi kondisi kaki yang membusuk akibat diabetes.

1. Jaga kebersihan

Kebiasaan kebersihan yang baik sangat penting dalam mencegah dan mengobati kaki busuk. Cucilah kaki setiap hari dengan air hangat dan sabun ringan.

Pastikan Anda sering mengeringkan kaki dengan lembut, terutama di antara jari-jari kaki. Hindari memotong kuku terlalu pendek dan periksa adanya luka atau infeksi pada kaki secara rutin. Jika ditemukan luka atau infeksi, segera konsultasikan dengan dokter.

2. Perawatan kulit

Penderita diabetes sebaiknya memiliki jadwal kunjungan rutin ke ahli kesehatan, seperti dokter atau ahli perawatan kaki.

Dokter akan memberikan perawatan khusus, seperti membersihkan luka, merawat kuku, dan memeriksa peredaran darah pada kaki.

Dengan perawatan rutin ini, risiko terjadinya infeksi dan komplikasi lebih dapat diminimalisir.

3. Kontrol gula darah

Tidak kalah penting, kontrol gula darah setiap saat agar kondisi luka pada kaki tidak semakin parah. Jaga pola makan sehat, minum obat secara teratur, dan melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Dengan menjaga gula darah tetap stabil, risiko kerusakan saraf dan pembuluh darah pada kaki dapat dikurangi.

4. Gunakan obat topikal

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan obat topikal untuk mengobati kaki busuk. Obat topikal seperti salep antibiotik atau antijamur dapat membantu mengatasi infeksi dan menjaga kaki tetap sehat.

Namun, sebelum menggunakan obat topikal, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan penggunaan yang tepat.

5. Gunakan sepatu dan kaos kaki sesuai ukuran

Agar tidak semakin lecet atau makin luka, pilihlah sepatu yang pas, nyaman, dan terbuat dari bahan yang bernapas.

Hindari menggunakan sepatu yang terlalu ketat atau terlalu longgar, karena dapat menyebabkan gesekan berlebih pada kaki. Selain itu, gunakan kaus kaki yang terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap keringat.

Demikian penjelasan cara menyembuhkan kaki yang membusuk akibat diabetes. Untuk mengontrol gula darah, dianjurkan mengonsumsi obat herbal Bio Insuleaf. Obat ini akan membantu mempercepat penyembuhan luka sehingga terhindar dari risiko amputasi.

Klik pesan di bawah ini untuk membeli Bio Insuleaf dan dapatkan promonya!

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar