dermopati diabetik

Waduh! Ini 5 Ciri-Ciri Mata Katarak Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri mata katarak tidak hanya pandangan memburam saja. Ada tanda lain yang bisa jadi menunjukkan bahwa kondisi mata akan terkena penyakit katarak. Untuk itu, ketahui apa saja ciri-ciri mata katarak dengan membaca penjelasannya berikut ini.

Ciri-ciri mata katarak

Mata katarak adalah kondisi lensa mata yang seharusnya transparan menjadi keruh atau buram. Katarak sering terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, penyakit ini bisa juga disebabkan karena penyakit kronis, seperti diabetes.

Kamu patut waspada jika pandangan mulai terlihat memburuk. Karena bisa jadi tanda tersebut adalah mata terkena penyakit katarak. Berikut adalah ciri-ciri mata katarak:

1. Pandangan berawan

Gejala yang umum adalah pandangan menjadi berawan. Kamu mulai tidak nyaman melihat sekelilingmu karena pandangan terlihat tidak jelas. 

Biasanya kondisi berawan ini akan semakin parah hari ke hari. Terdapat 3 jenis katarak berawan:

  • Katarak subkapsular posterior
  • Katarak nuklir di tengah lensa
  • Katarak kortikal di sisi lensa, muncul garis-garis kecil

2. Sulit melihat di malam hari

Ketika kondisi katarak semakin parah, pandangan akan menjadi lebih gelap cenderung berwarna coklat.

Oleh karena itu, penderita katarak akan lebih sulit saat menyetir terutama malam hari. Sebaiknya hindari menyetir saat malam hari agar tidak membahayakan keselamatan.

3. Lingkaran cahaya

Beberapa penderita katarak muncul lingkaran-lingkaran cahaya kecil selain berawan. 

Biasanya lingkaran tersebut muncul dengan beberapa warna berbeda. Kamu dianjurkan tidak menyetir dalam kondisi tersebut.

4. Minus atau positif bertambah

Jika kamu mengalami mata buram yang semakin parah bisa jadi kamu sedang mengidap katarak.

Tidak sedikit orang menyalahpahami keluhan tersebut hanya sebagai gangguan mata biasa. Padahal bisa jadi sedang mengalami katarak.

5. Komplikasi

Mata katarak tidak hanya dipengaruhi karena kesehatan mata bermasalah. Ini juga pertanda jika kamu sedang mengidap penyakit lain yang memicu komplikasi mata katarak.

Komplikasi penyakit yang sering menyebabkan mata katarak adalah:

  • Tumor otak
  • Gangguan otak
  • Hipertensi
  • Stroke
  • Diabetes

Baca Juga: Definisi Diabetes Tipe 1: Gejala dan Penyebab

Apabila mata katarak muncul karena kamu mengidap diabetes, sebaiknya kontrol gula darah agar kembali stabil. Sebagai solusinya, Anda dapat mengonsumsi Bio Insuleaf untuk menurunkan gula darah agar bisa tercegah dari risiko mata katarak.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber:

Health Line

Tinggalkan komentar