Covid dan Diabetes: Komplikasi Bahaya Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes merupakan komorbid yang berbahaya bagi orang yang teriveksi virus corona

Dekan Fakultas Kedokteran UNS Prof Reviono menjelaskan bahwa penyakit diabetes bagi penderita Covid-19 sangat berbahaya karena menyebabkan penurunan kekebalan tubuh.

Selain menurunkan kekebalan, penyakit diabetes dapat menekan jumlah sel kekebalan dan fungsi sel tersebut. “Kalau diabetes militus itu paling besar penurunan kekebalan, karena sel-sel kekebalannya ini tertekan/tersupresi,” kata Reviono ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Reviono menjelaskan, kematian pasien Covid-19 dengan komorbid diabetes di Indonesia cukup banyak.Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia banyak yang menderita diabetes.

Bagi penderita diabetes yang terpapar virus corona, pihaknya menyarankan agar dirawat di rumah sakit walaupun memiliki gejala ringan. “Karena di rumah sakit, pasien komorbid akan menerima 2 macam obat, obat untuk virus corona dan obat untuk penyakit komorbidnya,” katanya lagi.

Covid dan diabetes

Untuk pengidap diabetes juga disarankan untuk selalu mengontrol gula darahnya secara rutin agar kekebalan tubuhnya menjadi lebih baik. “Punya diabetes itu kalau kadar gula darahnya terkontrol itu kekebalannya lebih baik  dibanding yang tidak terkontrol,” jelasnya.

Diabetes Memperparah Covid 19

Dilansir Kompas.com (6/8/2021), penderita diabetes mungkin memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi parah, seperti kesulitan bernapas atau pneumonia.

  • Orang dengan diabetes lebih beresiko mengalami gejala berat COVID -19
  • Risiko kematian pada pasien COVID -19 dengan diabetes 2 kali lipat lebih tinggi dari orang tanpa diabetes
  • Gula darah tidak terkontrol dan komplikasi diabetes melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi
  • Keparahan gejala COVID -19 pada penderita diabetes berkaitan dengan hipertensi, usia, obesitas, dan komplikasi lainnya.
  • Diabetes terkontrol bisa mengurangi risiko keparahan gejala atau kematian akibat Covid-19

Namun, untuk pengidap diabetes, gejala di atas akan memiliki dampak yang serius.

Hal ini dikarenakan penyakit diabetes memengaruhi cara kerja sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih sulit melawan virus.

Dampak adanya diabetes pada penderita Covid-19 akan membuat virus corona dapat berkembang biak dengan kadar glukosa darah tinggi.

Selain itu, kadar gula darah yang tinggi dikombinasikan dengan keadaan peradangan yang terus-menerus membuat penderita diabetes jauh lebih sulit untuk pulih dari Covid-19 Oleh karena itu, penderita diabetes yang mengalami gejala Covid-19 harus segera diperiksakan ke dokter.

Namun, kontrol gula darah secara berkala pada penderita diabetes dapat mengurangi risiko terkena penyakit parah.

Komplikasi Diabetes Karena Covid 19

Penyakit Covid-19 dapat menyebabkan komplikasi serius bagi penderita penyakit diabetes.

Berikut komplikasi yang mungkin dialami:

1. Ketoasidosis diabetik
Kondisi ini terjadi karena selama periode stres atau sakit, kadar gula darah dapat meningkat. Ketoasidosis diabetik (DKA) terjadi ketika seseorang dengan diabetes tidak memiliki cukup insulin yang tersedia untuk mengatasi peningkatan ini.

DKA dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk rasa haus ekstrem, mual napas cepat, dan napas berbau buah. Bagi pasien yang memiliki DKA harus menerima perawatan medis darurat. Baca juga: Apakah PCR Bisa Mendeteksi Varian Omicron?

2. Radang paru-paru
Penderita diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena pneumonia parah. Pneumonia berasal dari infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara paru-paru. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap orang dengan penyakit diabetes yang lebih tua dari 2 tahun harus menerima vaksinasi pneumokokus dan influenza tahunan.

3. Dehidrasi
Penderita diabetes jika mengalami demam tinggi akibat Covid-19, maka ia akan kehilangan cairan. Kondisi kekurangan cairan tersebut membuat penderita diabetes mengalami dehidrasi, dan mungkin memerlukan cairan intravena.

Oleh karena itu penting bagi penderita diabetes harus lebih ketat dalam mengontrol gula darahnya demi mengurangi risiko keparahan gejala dan kematian akbiat COVID -19, serta menjalankan protokol kesehatan dengan tepat.

Selain itu cara tepat untuk mengontrol kadar gula darah diabetesi dapat mengkonsumsi obat herbal seperti  Bio Insuleaf bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Bio Insuleaf ini ramuan herbal yang diolah dan disatukan dengan cara tiga tekhnik ekstraksi sehingga menghasilkan energi  penyembuhan dari alam yang bermanfaat mengurangi gulah darah pada penderita diabetes.

Bio Insuleaf teruji secara ilmiah dapat membantu meringankan gejala kencing manis dalam waktu relatif singkat dan telah melalui proses Sertifikasi BPOM RI dengan nomor pendaftaran tertera di setiap kemasan.

Pesan Bio Insuleaf

Covid memeparah daibetes

Tinggalkan komentar