Efek Samping Insulin

Efek Samping Suntik Insulin yang Tidak Boleh Disepelekan!

Apa efek samping insulin? Apakah suntik insulin berbahaya?

Pertanyaan tersebut kerap ditanyakan oleh penderita diabetes. Anda harus ketahui ternyata efek samping suntik insulin tidak bisa diremehkan, loh. Baca lebih lengkapnya berikut ini.

Efek samping suntik insulin

Suntik Insulin diberikan kepada penderita diabetes tipe 1, akan tetapi ada juga penderita diabetes tipe 2 yang melakukan metode perawatan ini.

Pada tubuh yang sehat, insulin kimia dapat dibuat secara normal. Namun, pada penderita diabetes, produksi insulin kurang atau bahkan hilang.

Oleh karena itu, suntik insulin berguna untuk menggantikan fungsi hormon insulin yang seharusnya diproduksi oleh pankreas.

Baca Juga: Serba-Serbi Suntik Insulin Untuk Penderita Diabetes

Berikut adalah efek samping suntik insulin yang perlu Anda waspadai:

1. Alergi

Alergi terjadi akibat suntik insulin yang tidak sesuai kadar sehingga membuat kulit iritasi dan merah-merah.

Alergi juga bisa muncul jika jarum yang digunakan tidak tajam sehingga dapat melukai kulit. Namun kamu tidak perlu khawatir, kondisi ini dapat pulih dalam beberapa hari.

Dalam kasus yang serius, sensitivitas karena infus insulin juga dapat menyebabkan efek samping, seperti sesak di dada, kesulitan bernapas, goyah, atau bahkan pingsan.

2. Lipodistrofi

Perawatan insulin dapat menyebabkan efek samping pada daerah kulit yang diinfus, yang disebut lipodistrofi.

Lipodistrofi terjadi karena jumlah infus yang berlebihan pada bagian yang sama. Dengan demikian, lemak di lapisan kulit akan hilang, mengubah keberadaan kulit.

Untuk menghindari efek samping ini, Anda bisa mengakalinya dengan sering mengganti area infus insulin.

3. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah suatu kondisi ketika kadar glukosa Anda terlalu rendah, yaitu di bawah 70 mg/dL.

Meskipun kemampuan insulin untuk menurunkan glukosa darah, kelebihan asupan insulin melalui infus juga tidak baik untuk tubuh.

Pasalnya, kondisi ini bisa menimbulkan efek samping berupa penurunan glukosa yang luar biasa, sangat berbahaya menghadapi keadaan seperti ini.

4. Kelebihan insulin

Kelebihan insulin terjadi ketika tingkat insulin yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda melebihi kebutuhan tubuh Anda.

Kadar insulin yang berlebihan akan menyebabkan glukosa turun drastis atau hipoglikemia dan memicu syok insulin atau hipoglikemia.

Nah, dari data di atas dapat kita simpulkan bahwa suntik insulin tidak selamanya baik. Efek samping suntik insulin juga bisa saja Anda alami sewaktu-waktu.

Memang merupakan salah satu pilihan utama pengobatan diabetes, tetapi tidak semua penderita diabetes membutuhkan suntikan insulin.

Banyak alternatif lain yang bisa menyembuhkan penyakin diabetes ini dan pastinya tidak ada efek samping atau ketergantungan tertentu.

Jika Anda menderita diabetes, alternatif yang bisa anda lakukan yakni konsumsi obat herbal diabetes Bio Insuelaf.

Bio Insuelaf merupakan sirup ampuh untuk mencegah diabetes yang Anda alami dan sudah terbukti BPOM dan Halal, serta tidak ada efek samping atau ketergantungan tertentu jika konsumsi obat herbal ini.

Klik pesan di bawah ini untuk pemesanan Bio Insuleaf!

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar