efek vaksin

Efek Vaksinasi COVID-19 Pada Penderita Diabetes

Diabetesi mungkin ragu menjalani vaksinasi COVID-19. Apakah vaksin tersebut aman, apakah akan ada efek samping berat setelahnya, akankah menyebabkan lonjakan kadar gula darah, merupakan beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam benak diebetesi. 

Namun, penting untuk diingat bahwa pengidap penyakit kronis seperti diabetes, dapat berisiko mengalami gejala berat dan komplikasi serius bila terinfeksi COVID-19. Menimbang manfaatnya, tentu lebih baik bila pengidap diabetes menjalani vaksinasi sesegera mungkin. 

Pentingnya Vaksinasi COVID-19 bagi Pengidap Diabetes

Penting bagi orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 untuk menerima  vaksinasi COVID-19. Hal ini karena mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah dan kematian akibat virus corona baru, seperti yang dicatat oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). 

Robert Gabbay, MD., Ph.D., kepala ilmu pengetahuan dan petugas medis untuk American Diabetes Association (ADA) di Arlington, Virginia, mengungkapkan bahwa yang paling penting adalah orang dengan diabetes mendapatkan vaksinasi segera setelah tersedia untuk mereka. 

Hal ini menimbang adanya risiko gejala berat dan komplikasi serius ketika pengidap diabetes terinfeksi COVID-19. Di awal pandemi, sebuah studi dari CDC, yang diterbitkan di Morbidity and Mortality Weekly Report, menemukan bahwa sekitar setengah dari orang yang meninggal karena COVID-19 di bawah usia 65 tahun mengidap diabetes. 

Efek perlindungan dari vaksinasi COVID-19 penting bagi pengidap diabetes yang berisiko tinggi terkena infeksi parah dan mematikan dari COVID-19, kata Gregory Justin Gregory, MD., asisten profesor pediatri di Rumah Sakit Anak Vanderbilt di Nashville, Tennessee. 

Studi yang diterbitkan pada Desember 2020 di jurnal Diabetes Care  menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2, memiliki risiko 3 kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit atau mengalami penyakit COVID-19 yang parah dibandingkan dengan orang tanpa diabetes.

Jarang Ada Efek Samping Serius setelah Divaksin

Vaksinasi COVID-19 adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi pengidap diabetes dari infeksi virus corona. CDC menyatakan bahwa vaksin COVID-19 direkomendasikan dan aman bagi kebanyakan pengidap diabetes, atau yang memiliki penyakit kronis lainnya.

Berbagai jenis vaksin yang kini digunakan pun semuanya aman, karena telah melalui uji klinis dan penelitian untuk memastikan keamanannya. Dibanding risiko gejala berat dan komplikasi bila terinfeksi COVID-19, efek samping ringan yang muncul setelah vaksinasi tentu bukan hal besar. 

Efek samping paling umum yang sering dialami pengidap diabetes setelah vaksinasi COVID-19 tak jauh berbeda dengan kebanyakan orang, seperti:

  • Nyeri, bengkak, dan kemerahan di area kulit yang disuntik.
  • Kelelahan.
  • Sakit kepala.
  • Kedinginan/meriang.

Sebagian besar efek samping tersebut ringan, tetapi beberapa orang bisa saja mengalami reaksi yang lebih parah yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain itu cara tepat untuk mengontrol kadar gula darah diabetesi dapat mengkonsumsi

Obat herbal seperti  Bio Insuleaf bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Bio Insuleaf ini ramuan  herbal yang diolah dan disatukan dengan cara tiga tekhnik ekstraksi sehingga menghasilkan energi  penyembuhan dari alam yang bermanfaat mengurangi gulah darah pada penderita diabetes.

Bio Insuleaf teruji secara ilmiah dapat membantu meringankan gejala kencing manis dalam waktu relatif singkat dan telah melalui proses Sertifikasi BPOM RI dengan nomor pendaftaran tertera di setiap kemasan.

Covid memeparah daibetes

Tinggalkan komentar