Suntik Insulin

Fungsi Suntik Insulin Untuk Penderita Diabetes

Suntik insulin biasanya digunakan sebagai pengobatan untuk penderita diabetes. Sebagian penderita diabetes membutuhkan suntikan insulin karena pankreas tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup untuk tubuh. 

Padahal hormon ini berperan penting untuk membantu glukosa menghasilkan energi. Oleh karena itu, sebagian penderita diabetes membutuhkan suntikan insulin sebagai metode penyembuhan. 

Selain itu, insulin juga dibutuhkan untuk mencegah organ hati mengeluarkan gula berlebihan. Sebab gula yang berlebihan akan memicu kenaikan gula darah.

Fungsi suntik insulin

suntik Insulin

Mengenai Diabetes

Diabetes memiliki 2 jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah organ pankreas yang tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup atau bahkan tubuh penderita mengalami autoimun yang menyebabkan tubuh menyerang diri sendiri. 

Sedangkan diabetes tipe 2 adalah kondisi tubuh penderita tidak menghasilkan insulin yang cukup atau tubuh tidak merespons hormon tersebut. Hal ini berarti tubuh membutuhkan insulin dengan jumlah yang banyak agar mendapatkan pengaruh yang sama. 

Namun, tidak semua penderita diabetes 2 akan menjalani suntikan insulin. Umumnya dokter akan memberikan saran bagi penderita diabetes tipe 2 melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. 

Fungsi suntik insulin untuk penderita diabetes

Biasanya suntik insulin diberikan pada penderita diabetes tipe 1, sedangkan penderita diabetes tipe 2 tidak semua menggunakan suntik insulin kecuali kondisi tertentu sebagai metode alternatif untuk mengontrol gula darah.

Pengidap diabetes tipe 1 yang tidak bisa menghasilkan insulin mengharuskan penderita diabetes jenis ini menyuntik badan mereka dengan hormon insulin sebagai pengobatan utama.

Sementara penderita diabetes tipe 2 hanya beberapa yang menggunakan suntik insulin. Sebab kebanyakan penderita diabetes tipe 2 bisa diatasi dengan cara minum obat-obatan, mengkonsumsi makanan-makanan sehat serta perubahan gaya hidup.

Apabila cara-cara tersebut tidak bisa bekerja dengan optimal, penderita diabetes tipe 2 akan dianjurkan oleh dokter untuk melakukan suntik insulin. 

Efek samping suntik insulin

Sayangnya, di balik manfaat suntik insulin yang bisa membantu penderita diabetes, terdapat efek samping suntik insulin bagi organ tubuh lain yang bisa mengancam kesehatan.

Efek samping tersebut berupa:

  • Memicu kerusakan sel kulit
  • Kondisi mental terganggu
  • Kenaikan berat badan
  • Gula darah terlalu rendah (hipoglikemia)

Bahkan penderita diabetes membutuhkan untuk meningkatkan dosis dalam waktu ke waktu serta melakukan perawatan lainnya yang semakin rumit. 

Dari besarnya risiko penggunaan suntik insulin tersebut, kerap membuat penderita diabetes merasa khawatir dan berpikir dua kali menggunakan suntik insulin. Apalagi banyak ditemukan penderita diabetes yang menjalani suntik insulin ini mengalami hipoglikemia berat, kanker pankreas, hingga kematian. 

Nah, apabila Anda ragu menggunakan suntik insulin yang memiliki risiko yang tidak main-main, Anda bisa mengganti metode tersebut dengan cara yang lebih alami dan tanpa efek samping apapun.

Konsumsi Bio Insuleaf, obat herbal sirup yang bisa menurunkan kadar gula darah dan menghilangkan gejala-gejala diabetes tanpa efek samping.

Obat herbal ini telah tersertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan lolos sertifikasi aman konsumsi oleh Badan POM. Jadi, Anda tidak perlu khawatir memilih Bio Insuleaf sebagai teman baik untuk menurunkan gula darah. Pedulilah dengan kesehatan Anda dengan mengkonsumsi obat yang aman, yaitu Bio Insuleaf

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar