cara menurunkan gula darah secara alami

5 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Terdapat beberapa cara menurunkan gula darah secara alami tanpa harus mengandalkan obat kimia. Tidak repot dan tidak sulit, di bawah ini Anda akan menemukan cara menurunkan gula darah secara alami.

Cara menurunkan gula darah secara alami

Tips berikut memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Akan tetapi jika Anda melakukan ini dengan senang hati, maka keluhan gula darah tinggi bisa menghilang dalam waktu dekat.

1. Makan serat lebih banyak

Serat pada makanan diketahui dapat memperlambat penyerapan glukosa pada usus. Ini berarti serat mampu menahan lonjakan gula pada darah.

Selain itu, kandungan ini juga bisa mengatur gula darah agar tetap stabil dan menyehatkan sistem pencernaan.

Anda dapat menemukan serat pada makanan-makanan ini:

2. Minum air putih

Sering minum air putih merupakan salah satu cara ampuh menurunkan gula darah. Air putih akan membantu mengeluarkan glukosa berlebihan melalui urin.

Bahkan menurut sebuah studi, seseorang yang minum air putih lebih banyak kecil kemungkinan terkena gula darah tinggi.

Hindari tambahan pemanis agar manfaat air putih bisa Anda peroleh secara utuh.

Baca Juga: Atasi Stres, Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat

3. Mengontrol porsi makan

Selain memperhatikan makanan dan minuman, Anda juga perlu mengontrol porsi makan. 

Hal ini bertujuan untuk mengatur jumlah kalori harian dan menjaga berat badan tetap stabil.

Dengan melakukan tersebut sama saja Anda berusaha agar gula darah tetap stabil. Berikut adalah cara mengontrol porsi makan yang bisa Anda lakukan:

  • Lacak berat badan dan sesuaikan porsi makan
  • Gunakan piring yang kecil
  • Hindari restoran yang menawarkan all you can eat
  • Buat jurnal makan
  • Makan dengan perlahan

4. Makanan indeks glikemik rendah

Pilih makanan yang mengandung indeks glikemik rendah. Hal ini untuk mencegah terjadinya gula darah naik. Apabila Anda nekat makan makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi jangan panik jika gula darah jadi naik.

Berikut adalah daftar makanan yang mengandung indeks glikemik rendah:

  • Alpukat
  • Buah berry
  • Kelapa
  • Jeruk
  • Apel
  • Pisang mentah

5. Hindari stres

Sebisa mungkin hindari stres agar tidak memicu keparahan kondisi kesehatan Ands. Mental yang tidak stabil bisa memicu gula darah makin naik bahkan bisa menambah keluhan penyakit lain.

Apabila Anda merasa beban terlalu berat dan tidak tahu cara mengatasinya. segera temui psikolog. Para ahli akan membantu Anda menghadapi kendala dengan baik.

Demikian beberapa cara menurunkan gula darah secara alami yang bisa Anda terapkan. Anda juga dianjurkan untuk minum obat alami yaitu Bio Insuleaf.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber:

Health Line

Tinggalkan komentar