Konsumsi Gula per Hari

Jangan Terlewat, Ini Batas Konsumsi Gula per Hari!

Mengerti batas konsumsi gula per hari sangat penting bagi Anda sebagai bentuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan atau minuman tanpa tambahan gula akan terasa hambar. Namun siapa sangka jika pemanis tambahan justru bisa berpeluang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan dampaknya tidak main-main, loh, contohnya terkena diabetes.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berapa batas konsumsi gula per hari agar tercegah dari risiko tersebut. Untuk selengkapnya, baca artikel ini hingga selesai.

Konsumsi Gula per Hari

Batas konsumsi gula per hari

Gula memang buruk jika Anda konsumsi berlebihan. Namun bukan berarti Anda tidak bisa makan gula sama sekali. Justru gula merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia.

Walau begitu, Anda tidak boleh abaikan adanya dampak negatif dari gula jika dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, konsumsi gula berlebih tidak hanya memicu diabetes, tetapi juga obesitas bahkan komplikasi kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mencegah kemungkinan terburuk tersebut dengan mengontrol asupan gula. Untuk laki-laki, batas konsumsi gula per hari yang disarankan Kementrian Kesehatan RI yaitu 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan.

Sedangkan menurut AHA (American Heart Association), menyarankan kebutuhan gula dalam sehari yaitu:

  • Laki-laki: sebanyak 9 sendok teh, atau 150 kalori yang setara dengan 37,5 gram
  • Wanita: sebanyak 6 sendok teh, atau 100 kalori yang setara dengan 25 gram

Mungkin Anda merasa kesulitan untuk melacak gula yang ada pada makanan atau minuman. Tetapi ada beberapa cara mudah untuk mengetahui seberapa banyak gula pada makanan, terutama makanan kemasan.

Cara membaca label makanan

Umumnya makanan kemasan memiliki label yang berisi daftar nutrisi termasuk gula. Sangat penting bagaimana cara membaca label makanan agar tahu apa saja dan berapa banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Pengetahuan ini sebagai bentuk antisipasi agar tercegah dari konsumsi zat-zat tertentu secara berlebihan. Salah satu cara yang paling baik untuk baca label adalah memantau tambahan gula.

Jika Anda menemukan adanya tambahan gula seperti yang akan disebutkan setelah ini, perlu Anda waspadai kadarnya:

  • Sirup jagung
  • Gula malt
  • Gula tetes
  • Pemanis jagung
  • Madu
  • Sirup jagung fruktosa tinggi
  • Konsentrat jus buah
  • Molekul gula sirup

Sebaiknya hindari perlahan bahan-bahan pemanis tambahan di atas. Walau begitu, bukan berarti makanan yang tidak tertera secara tertulis tidak mengandung bahan tersebut. Justru banyak juga makanan yang mengandung gula tambahan berbahaya untuk tubuh, contoh nasi putih, roti, dan lainnya.

Baca Juga: 11 Jenis Gula yang Ada Pada Makanan dan Minuman

Ingat, makanan kurang sehat seperti yang telah disebutkan di atas bukan berarti tidak boleh dimakan sama sekali. Tetapi, batasi makanan tersebut sesuai batas konsumsi gula per hari.

Agar makanan atau minuman yang Anda konsumsi tidak memicu gula darah naik, minum herbal Bio Insuleaf saja!

Bio Insuleaf akan membantu gula darah Anda lebih stabil dan meringankan gejala-gejala diabetes, loh.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber

Hello Sehat 

Astronauts

Tinggalkan komentar