makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas

Waspada! Ini Buah yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes

Siapa sangka, ternyata terdapat beberpa buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa buah harus selalu dikonsumsi setiap hari. Akan tetapi, bagi penderita diabetes dianjurkan membatasi konsumsi setiap harinya. 

Lantas, apa saja buah yang dilarang untuk penderita diabetes?

Buah yang dilarang untuk penderita diabetes

Penderita diabetes harus memperhatikan jumlah indeks glikemik yang ada pada buah. Apabila indeks glikemik memiliki angka yang rendah maka aman bagi penderita diabetes. Sedangkan indeks glikemik menunjukkan angka antara 70 dan 100, penderita dianjurkan menjauhi makanan tersebut.

Nah, beberapa buah yang mengandung indeks glikemik tinggi antara 70 dan 100 adalah:

  • Semangka
  • Pisang terlalu matang
Baca Juga: Kandungan Gula pada Pisang, Diabetesi Wajib Tahu

Sebenarnya kedua makanan ini masih termasuk aman dikonsumsi, tetapi penderita harus mengatur berapa banyak porsi yang boleh dimakan.

Jika Anda ingin makan buah lebih banyak, lebih baik pilih yang memiliki indeks glikemik rendah saja.

Dilansir dari Medical News Today, jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh mempunyai dampak paling besar pada kenaikan gula darah.

Jika Anda ingin mengontrol gula darah dengan diet, maka harus memotong jumlah karbohidrat yang masuk ke tubuh. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan makanan mana saja yang mengandung karbohidrat baik untuk tubuh.

Berikut adalah beberapa contoh makanan dengan jumlah karbohidratnya:

  • Setengah buah apel: 15-20 gram
  • 1 pisang: 30 gram
  • 1 porsi buah kering: 20 gram

Untuk mengontrol gula darah tetap stabil, hindari pengolahan dengan cara jus. Sebab biasanya jus buah memiliki tambahan pemanis yang bahaya bagi kesehatan penderita diabetes.

Sebaiknya konsumsi dalam keadaan utuh atau belum diolah dengan cara apapun. Agar nutrisi tidak hilang dan tetap membawa manfaat bagi tubuh.

Selain memilih buah, Anda juga dianjurkan untuk konsumsi obat herbal untuk mengontrol gula darah. Minum Bio Insuleaf obat herbal yang ampuh menurunkan gula darah tinggi dan atasi diabetes.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber:

Medical News Today

Tinggalkan komentar