Jarang Mens? Ladies ini 5 Penyebab Haid Tidak Teratur

Penyebab haid tidak teratur mempunyai faktor-faktor tertentu yang perlu kamu waspadai. Sebab, teratur atau tidaknya jadwal haid bisa menandakan kondisi kesehatan tubuh yang sesungguhnya.

Lantas, apa saja ya penyebab haid tidak teratur? Berikut adalah beberapa faktor haid tidak teratur.

1. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

PCOS adalah kondisi kelainan hormon pada metabolisme tubuh yang menyebabkan indung telur tidak dapat berfungsi sempurna. Sebagian wanita yang jarang haid biasanya mengalami kondisi ini.

2. Gangguan kelenjar tiroid

Penyebab lainnya yaitu terdapat masalah pada kelenjar tiroid. Kelenjar tersebut berfungsi untuk memproduksi dan mensekresi hormon-hormon yang mengontrol metabolisme tubuh.

Apabila kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik, maka metabolisme juga mengalami kerusakan. Sehingga hal ini bisa memicu masalah kesehatan termasuk sulit haid.

3. Amenorrhea

Amenorrhea adalah kondisi tidak keluarnya darah haid atau menstruasi. Dipicu karena beberapa alasan, seperti menopause, kehamilan, penggunaan kontrasepsi, hingga efek samping konsumsi obat-obat tertentu. 

4. Gaya hidup

Apakah kamu jarang makan sayur dan buah? Bisa jadi ketidakteraturan siklus menstruasi yang kamu alami disebabkan dari pola makan yang buruk. Tidak mengkonsumsi makanan sehat membuat tubuh kekurangan nutrisi.

Apalagi jika kamu jarang berolahraga, risiko masalah menstruasi akan semakin tinggi. Maka dari itu, terapkan gaya hidup yang sehat agar menstruasi kembali normal.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Olahraga? Simak Penjelasan Ini!

5. Gangguan hormon

Ketidakseimbangan hormon menjadi alasan lain wanita menstruasi tidak teratur. Umumnya masalah hormon ini difaktori oleh keturunan keluarga. Untuk memastikan lebih lanjut, sebaiknya periksakan ke dokter.

Apabila kamu mengalami haid atau menstruasi yang tidak teratur, mulailah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Konsumsi sayur dan buah yang bisa memenuhi nutrisi tubuhmu. Jangan lupa olahraga setiap hari.

Menerapkan gaya hidup sehat tidak hanya membantu mengembalikan kesehatan menstruasi saja, tetapi juga kesehatan seluruh tubuh. Kamu akan tercegah dari risiko penyakit kronis salah satunya adalah diabetes.

Jika kamu memiliki penyakit diabetes, sangat dianjurkan mengkonsumsi herbal Bio Insuleaf. Herbal untuk mengurangi gejala diabetes dan menurunkan gula darah tinggi. Yuk, beli Bio Insuleaf sekarang!

Pesan Bio Insuleaf

Sumber

Bunda

Tinggalkan komentar