diabetes usia muda

Ternyata Ini! 10 Penyebab Diabetes yang Dilakukan Sejak Muda

Penyebab diabetes tidak hanya terjadi karena turunan keluarga saja tetapi juga disebabkan oleh kebiasaan buruk.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup sering terjadi dan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Banyak faktor yang dapat memicu terjadinya diabetes, termasuk kebiasaan buruk yang sering dilakukan sejak dari muda.

Kebiasaan penyebab diabetes

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan anak muda dan dapat menyebabkan terjadinya diabetes.

Ini 10 kebiasaan buruk penyebab diabetes, sebagai berikut:

1. Sering begadang

Umumnya anak muda begadang karena tugas kuliah maupun skripsi yang bisa menyita jam tidur malam.

Walaupun tujuannya baik untuk menyelesaikan tanggung jawab sebagai mahasiswa, terus-terusan begadang dapat merusak metabolisme hingga memicu kenaikan gula darah.

Sebaiknya atur jadwal belajar dan jadwal tidur agar waktu tidur Anda tidak terpangkas karena mengerjakan tugas.

Kemudian buatlah tempat tidur Anda senyaman mungkin.

Tempat tidur yang nyaman bisa mempercepat rasa kantuk dan tidur menjadi lebih nyenyak.

2. Tidak mengontrol makanan

Setiap makanan yang masuk pada tubuh akan menyumbang sejumlah kalori. Setiap orang memiliki batasan jumlah kalori harian yang berbeda-beda.

Jika Anda makan berlebihan atau melewati batas kalori akan menyebabkan kegemukan.

Nah, kegemukan ini juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit diabetes di kemudian hari.

Oleh karena itu, mengontrol makanan sangatlah penting untuk mencegah terjadinya diabetes.

Buatlah meal plan untuk mengetahui makanan apa saja dan jumlah kalori harian yang Anda butuhkan.

3. Makan fast-food

Siapa yang sering makan fast food? Yuk, segera hentikan kebiasaan ini sekarang juga!

Makanan fast-food terbukti mengandung kalori yang sangat tinggi bahkan cara pengelolaannya tidak hanya menyebabkan diabetes saja tetapi juga penyakit lainnya.

Anda lebih dianjurkan masak sendiri dikelola dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus.

Hindarilah memasak dengan cara digoreng. 

4. Lebih sering duduk

Apakah Anda lebih sering duduk selama 30 menit lebih tanpa peregangan badan?

Jika iya, Anda akan berpeluang terkena diabetes di kemudian hari.

Sebaiknya lakukan olahraga setiap hari dan sebisa mungkin hindari lebih banyak duduk.

Melakukan kegiatan fisik lebih banyak bisa membantu Anda mengecilkan risiko terkena gula darah tinggi atau diabetes.

Mulailah dengan kegiatan fisik sederhana seperti pemanasan dan berjalan kaki.

Baca Juga: 7 Bahaya Duduk Terlalu Lama dan Kaitannya dengan Diabetes

5. Kebiasaan merokok

Kebiasaan penyebab diabetes lainnya adalah merokok. Ini yang paling sering dilakukan anak muda sekarang.

Tahukah Anda, ternyata merokok bisa meningkatkan risiko terkena diabetes sebesar 40% dibanding anak muda yang tidak merokok. 

Jika Anda sedang berusaha untuk meninggalkan kebiasaan merokok, cobalah berkonsultasi dengan dokter atau terapis.

Biasanya Anda akan dianjurkan untuk melakukan terapi penggantian nikotin dengan cara makan permen karet dan nasal spray.

Baca Juga: Diabetes VS Merokok: Pengaruh Rokok Pada Gula Darah

6. Tidak rutin periksa kesehatan

Banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan mereka sampai terjadi masalah. Namun, hal ini sangat berbahaya, karena bisa terlambat dalam mengatasi masalah kesehatan yang sedang dialami.

Sebaiknya, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, termasuk pemeriksaan kadar gula darah. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui apakah kamu memiliki risiko terkena diabetes atau tidak, dan dapat segera mengambil langkah pencegahan jika diperlukan.

7. Tidak berolahraga

Anak muda seringkali menghabiskan waktunya untuk duduk di depan layar gadget atau televisi, dan kurang bergerak.

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes.

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah terjadinya diabetes.

Olahraga juga dapat membantu menjaga berat badan, sehingga dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

8. Kurang tidur

Kurang tidur dapat mempengaruhi kadar hormon insulin dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Sebaiknya, usahakan untuk tidur cukup setiap malamnya, yaitu sekitar 7-8 jam per hari. Hindari begadang terlalu sering, dan usahakan untuk tidur pada jam yang sama setiap malamnya.

9. Stres

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah dalam tubuh.

Anak muda seringkali mengalami stres karena tekanan akademik atau masalah sosial lainnya.

Sebaiknya, cari cara untuk mengatasi stres, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas lain yang dapat membantu meredakan stres. Jangan biarkan stres berlarut-larut, karena dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti di atas memang tidak mudah. Tetapi, ingatlah di masa tua nanti Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang banyak untuk biaya pengobatan.

Demikian penjelasan mengenai kebiasaan penyebab diabetes yang sering dilakukan anak muda.

Jika Anda memiliki keluhan diabetes atau kadar gula darah tinggi, konsumsilah obat Bio Insuleaf.

Bio Insuleaf adalah obat herbal 100% alami yang aman dikonsumsi oleh siapapun termasuk anak muda yang memiliki diabetes.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar