Wanita merasa bingung

Ladies, Apa Itu Penyakit PCOS dan Hubungan Dengan Diabetes?

Apakah kamu pernah mendengar penyakit PCOS? Jika belum maka kamu berada di artikel yang tepat. Sebab, pada bacaan kali ini kamu akan menemukan apa itu penyakit PCOS dan gejala PCOS pada wanita

Ternyata PCOS juga berkaitan erat dengan penyakit diabetes, loh. Lantas, bagaimana kaitannya dengan diabetes? Temukan jawaban apa itu penyakit PCOS di bawah ini.

Apa itu penyakit PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)?

PCOS atau polycystic ovary syndrome adalah penyakit yang mempengaruhi kesuburan wanita yang mengganggu kesehatan alat reproduksi wanita. 

Wanita yang memiliki penyakit PCOS biasanya terkena resistensi insulin. Sebenarnya tubuh masih bisa menghasilkan insulin akan tetapi tidak bekerja dengan efektif. Hal ini bisa menyebabkan kenaikan risiko terkena diabetes tipe 2. 

Wanita yang mengidap ini juga mengalami peningkatan hormon androgen yang bisa menghalangi sel telur yang akan dirilis. Sehingga dapat terjadi menstruasi yang tidak teratur, jerawatan, dan pertumbuhan rambut berlebihan pada bagian wajah.

Apa penyebab PCOS?

PCOS bisa disebabkan beberapa hal, yaitu:

  • Berat badan

Biasanya wanita yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas akan lebih mudah terserang PCOS. Tetapi PCOS tidak hanya dialami wanita oebsitas saja, bahkan telah ditemukan sebagian wanita dengan berat badan normal mengidap PCOS.

  • Keturunan

Apabila keluarga memiliki riwayat PCOS atau diabetes tipe 2, kemungkinan besar kamu juga akan terkena penyakit ini. 

  • Resistensi insulin

Penyebab lainnya adalah mengalami resistensi insulin. Umumnya wanita obesitas akan mengalami ini, sebaiknya perbaiki gaya hidup agar tidak terjadi resistensi insulin yang bisa menyebabkan PCOS.

Gejala PCOS pada wanita

Untuk memastikan apakah kamu mengalami PCOS, kamu bisa cek ke dokter. Biasanya dokter akan menanyakan beberapa hal, seperti:

  1. Menstruasi yang tidak teratur atau tidak menstruasi
  2. Pertumbuhan rambut yang berlebihan pada bagian tubuh tertentu
  3. Beberapa kista kecil pada ovarium

Lakukan pemeriksaan kepada dokter agar kamu mengetahui secara pasti penyakit apa yang sedang kamu alami dan cara mengatasinya.

Nah, agar gula darah kamu kembali stabil seperti semula, kamu bisa mengkonsumsi Bio Insuleaf

Bio Insuleaf akan membantu kamu mengurangi gejala-gejala diabetes.

CDC

Tinggalkan komentar