Makanan berlemak untuk diabetes

5 Makanan Berlemak yang Baik Bagi Tubuh

Penderita diabetes harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya, termasuk makanan berlemak.

Apabila salah mengonsumsi makanan, peradangan di dalam tubuh orang diabetes dapat meningkat, bahkan menimbulkan komplikasi.

Salah satu sumber makanan yang sering dianggap “jahat” bagi tubuh adalah lemak.

Padahal, lemak bukanlah sesuatu yang harus dihindari. Pasalnya, tidak semua jenis lemak memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Makanan berlemak yang baik

Penderita diabetes juga membutuhkan lemak sebagai nutrisi penting untuk tubuhnya. Apa saja makanan berlemak yang baik untuk diabetes?

1. Alpukat

Alpukat merupakan jenis makanan berlemak berupa buah yang mengandung karotenoid, mineral, folat, serta asam lemak dalam jumlah tinggi. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar stres oksidatif yang bisa memicu komplikasi pada tubuh orang dengan diabetes.

Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda di dalam buah alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Kolesterol baik dalam darah mampu membantu membersihkan kolesterol jahat serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke pada diabetesi (orang dengan diabetes).

2. Minyak Zaitun

Dilansir dari Diabetes.co.uk, extra virgin olive oil dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Kesimpulan tersebut diperoleh dari studi yang dilakukan oleh Sapienza University di Roma, Italia.

“Minyak zaitun dapat menurunkan glukosa darah dan kolesterol. Hal tersebut berguna untuk mengurangi efek negatif glukosa dan kolesterol pada sistem kardiovaskular,” kata Francesco Violo, salah satu penulis utama dalam penelitian tersebut.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

3. Kacang Almond

Dilansir dari Healthline, Departemen Pertanian Amerika Serikat mengatakan bahwa satu ons (28 gram) kacang almond mengandung hampir 9 gram lemak tak jenuh tunggal.

Lemak jenis ini memiliki manfaat sama dengan minyak zaitun, yakni baik untuk kesehatan jantung.

Lalu, penelitian yang dipublikasi oleh jurnal Metabolism Clinical and Experimental pada tahun 2011 mengatakan kacang almond juga baik untuk diabetesi.

Mengonsumsi kacang almond dalam jumlah cukup dapat mengurangi kenaikan glukosa (gula darah) dan kadar insulin setelah makan.

4. Minyak Canola

Makanan berlemak lainnya adalah minyak canola. Minyak ini kaya akan asam alfa-linolenat, yaitu sejenis asam lemak omega 3. Asam lemak tersebut biasanya ditemukan pada buah alpukat dan zaitun.

Oleh karena itu, minyak canola dipercaya dapat membantu penderita diabetes mengontrol gula darah mereka.

5. Minyak Biji Bunga Matahari

Kandungan asam lemak tak jenuh ganda di dalam bunga matahari dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Lemak tersebut baik untuk penderita diabetes karena dapat melawan radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, mempertahankan fungsi sistem saraf, serta kaya akan vitamin E.

Cara turunkan gula darah

Penderita diabetes masih bisa untuk konsumsi jenis makanan berlemak. Namun perlu ditegaskan bahwa lemak yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah lemak tak jenuh. Demikian juga batasi pemanfaatan lemak secara konsisten.

Anda bisa mendapatkan bantuan rutin makan total untuk diabetes dengan konseling spesialis.

Selanjutnya, jika terkena penyakit diabetes bisa dicegah dengan konsumsi Bio Insuleaf. Bio Insuleaf adalah sirup ampuh untuk mencegah diabetes sudah terbukti BPOM dan Halal serta tidak ada efek samping atau ketergantungan jika konsumsi obat herbal ini.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar