Food & Drink

Makanan probiotik

8 Makanan Probiotik Untuk Penderita Diabetes

No Comments

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan probiotik dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang penting bagi penderita diabetes. Sensitivitas insulin yang buruk dapat menyebabkan tingginya kadar gula darah, sehingga dengan mengonsumsi makanan probiotik dapat membantu Anda mengontrol gula darah. Lantas, apa saja makanan probiotik yang sangat dianjurkan bagi penderita diabetes? Simak penjelasan berikut ini hingga selesai

Makanan probiotik

Makanan probiotik adalah makanan yang mengandung probiotik atau mikroorganisme baik atau bakteri hidup yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi makanan jenis ini secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi risiko infeksi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jenis makanan probiotik

Berikut adalah bebera[a jenis makanan probiotik yang sangat baik bagi tubuh:

1. Yoghurt

Yoghurt adalah sumber makanan yang mengandung probiotik paling populer. Bakteri asam laktat dalam yogurt membantu mengurangi jumlah bakteri jahat dalam saluran pencernaan dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Pastikan untuk memilih yogurt yang tidak terlalu banyak gula dan mengandung bakteri hidup seperti Lactobacillus acidophilus.

2. Tempe

Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi menghasilkan probiotik yang baik untuk kesehatan. Tempe juga mengandung banyak protein dan serat

3. Miso

Pasta fermentasi seperti miso yang terbuat dari biji kedelai, gandum, atau beras. Miso umumnya digunakan dalam masakan Jepang dan memiliki rasa yang asin dan sedikit manis. Miso mengandung bakteri probiotik yang dapat membantu meningkatkan kinerja usus

4. Kimchi

Kimchi adalah salah satu makanan fermentasi Korea yang terbuat dari sayuran seperti kol, lobak, dan wortel. Kimchi mengandung Lactobacillus kimchi, bakteri probiotik yang membantu memperbaiki kesehatan saluran pencernaan terutama organ usus

5. Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang terbuat dari susu yang kaya akan probiotik. Kefir mengandung bakteri probiotik dan ragi yang membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

6. Acar

Acar adalah  sayuran yang diawetkan dengan cuka, garam, dan gula. Acar mengandung Lactobacillus plantarum, bakteri probiotik yang baik untuk manfaat kesehatan sistem pencernaan

7. Natto

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dengan Bacillus subtilis. Natto mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan dan juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin, seperti kalsium, vitamin k, vitamin b12 dan vitamin K2 yang penting untuk kesehatan tulang.

8. Keju

Keju memang mengandung bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Namun, tidak semua jenis keju mengandung probiotik yang cukup tinggi. Beberapa jenis keju yang dapat dijadikan sebagai sumber probiotik antara lain,Cheddar Cheese, Cottage Cheese, dan Swiss Cheese. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi keju karena tingginya kandungan lemak dan kolesterol. Cukup konsumsi dalam porsi yang sehat dan seimbang. Baca: 5 Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Untuk Penderita Diabetes Dengan mengkonsumsi makanan probiotik dapat membantu memelihara kesehatan keseluruhan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi makanan probiotik secara teratur dan seimbang dengan makanan lainnya. Selain dengan mengkonsumsi makanan probiotik tersebut, Anda juga dianjurkan mengkonsumsi herbal Bio Insuleaf untuk mengontrol kadar gula darah. Herbal ini akan membantu menurunkan gula darah dan meringankan gejala diabetes. Beli Bio Insuleaf melalui CS kami dengan klik link berikut (Pesan Bio Insuleaf)
6 Penyebab Gatal Pada Kulit dan Cara Mengatasinya
Hubungan Hipertensi Dengan Diabetes yang Wajib Diketahui

Tinggalkan komentar