Wajib Makan Ini! 5 Makanan Sumber Karbohidrat Super Sehat

Secara umum, makanan sumber karbohidrat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Meski keduanya sama-sama diperlukan tubuh, karbohidrat kompleks dinilai lebih sehat, bergizi, serta lebih aman dikonsumsi terutama oleh penderita diabetes.

Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk lebih fokus pada sumber karbohidrat yang lebih sehat agar tidak gula darah tidak meningkat dengan cepat.

Makanan sumber karbohidrat

Ada berbagai macam sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan dan rasanya juga enak.

Berikut makanan sumber karbohidrat tersebut:

1. Beras Merah

Sumber karbohidrat yang baik bisa didapatkan dari beras atau nasi merah. Beras merah mengandung nutrisi yang kaya serat.

Sedangkan beras putih dan biji-bijian olahan lainnya hanya memiliki endosperm utuh. Serat dari beras merah juga membantu memperlambat karbohidrat untuk diserap hingga mencapai aliran darah Anda. 

Beras merah juga dapat membuat perut kenyang lebih lama. Ketika kenyang lebih lama, penderita diabetes jadi lebih bisa mengurangi keinginan untuk ngemil makanan manis yang dapat menaikan gula darah.

2. Jagung

Dibandingkan dengan nasi putih sebagai karbohidrat, ternyata jagung lebih aman untuk penyandang diabetes, karena dalam 100 gram oenyajian, jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendah.

Jagung juga memiliki Indeks dan bebab glikemik lebih rendah sehingga gula darah tidak mudah naik. Meski begitu, sobat jangan terlalu berlebihan saat mengkonsumsi makanan pengganti nasi ini.

Penting juga untuk mengkombinasikan jagung dengan makanan sumber protein dan sayuran untuk mendapatkan asupan nutrisi lengkap setiap harinya.

3. Roti Gandum

Melansir dari Everydayhealth, sepotong roti gandum utuh mengandung sekitar 11 gram karbohidrat, sedangkan sepotong roti putih mengandung 14 gram karbohidrat. Roti gandum utuh mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh. 

Sebuah studi yang diterbitkan tahun 2018 oleh The Journal of Nutrition menemukan setiap satu porsi roti gandum dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Risiko diabetes pada pria menurun dalam skala 11 persen dan 7 persen untuk wanita. 

Orang dengan diabetes dapat mengonsumsi roti gandum sebagai sumber karbohidrat saat sarapan atau makan siang.

Baca Juga: Bisa Untuk Diet, Berapa Kalori 1 Lembar Roti Gandum?

4. Beras Basmati

Beras basmati merupakan salah satu jenis beras paling sehat untuk diabetes. Beras basmati memiliki indeks glikemik sekitar 43-60, yang termasuk dalam kategori indeks glikemik rendah sampai sedang.

Sekitar 100 gram beras basmati putih yang sudah dimasak mengandung 150 kalori, 3 gram protein, dan 35 gram karbohidrat.

Sedangkan 100 gram beras basmati cokelat lebih kaya akan serat. Beras ini mengandung sekitar 162 kalori, 1.5 gram lemak, 3.8 gram protein, 33.8 gram karbohidrat, dan 3 gram serat.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar juga termasuk jenis karbohidrat yang tidak akan membuat gula darah Anda melonjak secara tiba-tiba.

Ubi jalar baik untuk dikonsumsi diabetesi sebagai makanan pengganti karbohidrat karena mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah berbagai macam penyakit.

6. Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan juga bisa menjadi salah satu alternatif pengganti nasi untuk diabetes.

Akan tetapi, jika Anda makan biji-bijian kalengan, jangan lupa mencucinya terlebih dulu.

Hal ini bisa membantu menghilangkan kandungan garam sebesar 40 persen.

7. Pasta Gandum Utuh

Pasta yang bisa digunakan sebagai pengganti karbiohidrat untuk diabetes adalah pasta gandum utuh atau whole wheat.

Tips untuk memaksimalkan konsumsi karbohidrat dari pasta untuk penderita diabetes adalah dengan menambahkan sayuran yang tidak mengandung zat tepung, seperti brokoli.

Pola makan penderita diabetes memang harus dijaga. Karena jika tidak kadar glukosa bisa tidak terkontrol dan meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

Dengan cara ini, penderita diabetes harus menjaga pola makanan termasuk karbohidrdat yang dibutuhkan untuk tubuh.

Selanjuntnya, jika judah terkena penyakit diabetes bisa dicegah dengan konsumsi Bio Insuleaf. Bio Insuleaf merupakan sirup ampuh untuk mencegah diabetes sudah terbukti BPOM dan Halal serta tidak ada efek samping atau ketergantungan jika konsumsi obat herbal ini.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar