Buah-buahan

9+ Makanan Untuk Penderita Diabetes Agar Tidak Lemas

Terdapat berbagai makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas yang bisa Anda konsumsi.

Selain mengindari makanan yang mengandung gula tinggi, Anda juga perlu mengkonsumsi sumber makanan bergizi lainnya, seperti karbohidrat, protein, dan kaya serat untuk mencegah rasa lemas.

Makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas

Berikut adalah daftar makanan yang baik untuk penderita diabetes tipe 2 dan 1. Pastikan makanan di bawah ini dikonsumsi sesuai jadwal makan yang teratur.

1. Buah

Segala buah yang mengandung indeks glikemik rendah merupakan pilihan makanan yang tepat untuk mencegah tubuh lemas. Buah memiliki berbagai rasa yang bisa memancing sensorik tubuh. Sehingga otak akan terpengaruh dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. 

Selain itu, buah juga memiliki nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa menemukan berbagai kandungan, seperti vitamin, mineral, zat besi, protein, karbohidrat, kalsium, dan kalium.

2. Susu rendah lemak

Minuman dari olahan susu sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Asalkan susu tersebut mengandung lemak yang rendah. Pilihlah olahan susu seperti yogurt rendah lemak untuk menunjang energi. Dinginkan yogurt agar terasa lebih nikmat. Makanan atau minuman dingin akan menambah kesegaran tubuh dan meringankan dari rasa lemas berlebihan.

3. Kacang-kacangan

Saat Anda merasa lelah, kunyahlah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang hitam dan kacang merah adalah jenis makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Makanan ini juga sering menjadi camilan utama bagi seseorang yang ingin diet atau menurunkan berar badan. Sebab kacang mengandung serat yang tinggi yang bisa melancarkan sistem pencernaan

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli adalah sumber asupan yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Mengonsumsi sayuran hijau secara teratur dapat membantu menjaga kadar gula darah dan meningkatkan energi tubuh. 

Sayuran hijau mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, dan besi. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kronis

5. Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat baik dan juga mengandung lemak sehat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh. Kandungan protein dalam telur dapat membantu menjaga kestabilan gula darah, sehingga cocok untuk penderita diabetes. Telur juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin D, vitamin B12, selenium, dan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi

Baca Juga: 5+ Cara Cepat Menambah Berat Badan Untuk Diabetesi

6. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan daging sapi adalah sumber protein yang baik dan rendah lemak. Protein dalam daging dapat membantu membangun otot dan menjaga kestabilan gula darah. Penting untuk memilih jenis daging yang rendah lemak dan menghindari daging olahan yang banyak mengandung garam dan pengawet.

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan energi dan membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Teh hijau juga dapat membantu menjaga kadar gula darah karena mengandung senyawa yang disebut polifenol. 

Namun, penting untuk menghindari menambahkan gula atau sirup pada teh hijau untuk menghindari peningkatan kadar gula darah yang tidak diinginkan.

8. Ubi jalar

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ubi jalar memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang putih atau nasi putih, yang dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil pada penderita diabetes. Selain itu, ubi jalar juga mengandung serat dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan energi dan mengatasi rasa lemas.

9. Bio Insuleaf

Bio Insuleaf adalah sirup herbal yang bisa membantu menurunkan gula darah dalam waktu singkat. Mengandung rempah alami kayu manis, brotowali, mahkota dewa, dan mengkudu yang telah terbukti membantu mengurangi gejala diabetes serta menurunkan gula darah tinggi. 

Selain makan makanan di atas, pastikan Anda juga mengkonsumsi Bio Insuleaf secara rutin agar gula darah terpantau stabil dan tercegah dari rasa lemas. Hindari makanan yang tinggi gula, karbohidrat, dan lemak jenuh yang dapat memperburuk kadar gula darah dan menyebabkan lemas. 

Untuk pembelian Bio Insuleaf, klik link di bawah ini untuk menghubungi Customer Service Bio Insuleaf.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar