Segudang manfaat berpuasa untuk diabetesi

7 Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes

Tahukah Anda, walau berpuasa terkesan seperti menahan lapar, ternyata berpuasa memiliki manfaat yang melimpah bagi penderita diabetes, loh. Lantas, apa saja sih manfaat puasa bagi penderita diabetes? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Manfaat puasa bagi penderita diabetes

1. Menstabilkan kadar glukosa dalam darah

Puasa diyakini dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah karena pola makan yang lebih terjaga dan teratur. Asupan kalori juga relatif lebih rendah selama berpuasa. Sebab, saat berpuasa keinginan untuk makan berlebihan lebih berkurang. Maka dari itu berpuasa dapat membantu mengatur peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

2. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Menurut ahli, puasa berpotensi menurunkan kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein cholesterol/LDL) dalam tubuh. Hal ini dibuktikan melalui hasil penelitian dari ahli di American Hospital Dubai, Uni Emirat Arab, yang menunjukkan adanya penurunan kandungan trigliserida sekitar 15 persen, dan kadar LDL sebanyak 10,9 persen saat orang berpuasa. Dengan demikian, kamu pun bisa terhindar dari risiko penyakit jantung. 

3. Menurunkan tekanan darah

Saat puasa, tubuh akan mengurangi produksi hormon tertentu seperti hormone adrenalin yang menyebabkan naiknya tekanan darah. Nah, dengan berpuasa kamu jadi tidak perlu khawatir tekanan darah naik. Justru aktivitas ini membantu kamu mengurangi risiko hipertensi yang bisa memicu stroke.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Southern California, berpuasa bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Saat kamu menahan lapar saat berpuasa, tubuh akan mengaktifkan sistem “hemat energi”. Nah, salah satu hal yang terjadi dalam moda ini adalah tubuh mendaur ulang sel imun yang tidak diperlukan, terutama sel-sel yang sudah rusak, sehingga sistem kekebalan tubuhmu pun diperbaharui kembali.

5. Membantu menurunkan berat badan

Puasa dapat membantu menurunkan berat badan, yang merupakan faktor penting dalam pengelolaan diabetes. Selama berpuasa, asupan kalori berkurang sehingga tubuh harus membakar lemak untuk menghasilkan energi. Ini dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan, terutama jika dilakukan secara teratur dan diikuti dengan pola makan yang sehat.

6. Meningkatkan sensitivitas insulin

Puasa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti tubuh menjadi lebih responsif terhadap insulin yang diproduksi. Ini bisa membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah secara lebih efektif, dan dapat membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Puasa dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, yang seringkali merupakan komplikasi dari diabetes. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang juga berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Puasa yang Aman untuk Penderita Diabetes: Tips dan Panduan

Tips Berpuasa Bagi Pengidap Diabetes

Namun, menjalankan puasa selama seharian penuh juga bisa membuat pengidap diabetes berisiko mengalami beberapa gangguan kesehatan, seperti hipoglikemia atau gula darah rendah, hiperglikemia, diabetes ketoasidosis, dan dehidrasi. Karena itu, pengidap diabetes perlu memerhatikan tips-tips berikut bila ingin menjalankan ibadah puasa:

  • Bicarakan Kondisi Pada Dokter

Sebelum memutuskan untuk berpuasa, hal paling penting yang perlu Anda lakukan adalah membicarakan kondisi terlebih dahulu pada dokter. Tujuannya agar dokter dapat menentukan apakah kondisimu memungkinkan untuk berpuasa, dan memberikan saran, serta memandumu selama kamu menjalankan ibadah puasa.

  • Kontrol Diri Saat Berbuka Puasa

Wajar bila saat buka puasa, Anda ingin mengonsumsi banyak makanan karena rasa lapar dan haus yang sangat tinggi. Namun, makan secara berlebihan saat buka puasa nyatanya tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kesehatanmu terganggu, terlebih kalau Anda punya diabetes. Jadi, kontrol diri dan hindari makan secara berlebihan, agar terhindar dari risiko hiperglikemia.

  • Pantau Gula Darah Secara Rutin

Buat Anda yang mengidap diabetes tipe 1, memantau gula darah secara rutin adalah hal penting yang perlu kamu lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan agar dosis insulin bisa disesuaikan dengan aktivitas dan asupan makanan.

  • Usahakan Jangan Melewatkan Sahur

Pengidap diabetes jangan sampai melewatkan waktu sahur, karena tidak makan dalam waktu yang cukup lama akan membuat kadar gula darah menjadi tinggi.

  • Konsumsi Bio Insuleaf

Cara lainnya untuk mencegah diabetes adalah dengan mengkonsumsi obat herbal Bio Insuleaf untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Konsumsi Bio Insuleaf setelah sahur dan setelah berbuka puasa setiap hari, dengan satu sendok makan agar tidak terjadi lonjakan gula darah saat menjalankan ibada puasa.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar