Karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks

Mengenal Karbohidrat Sederhana dan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang berbeda. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang menyumbangkan peran penting untuk tubuh.

Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat mengandung satu atau dua molekul gula yang memiliki sifat mudah dicerna oleh usus. Karbohidrat sederhana memberikan energi yang cepat, tetapi tidak bertahan lama.

Saat Anda mengonsumsi karbohidrat sederhana, tubuh akan menghasilkan insulin dalam jumlah besar untuk mengatur kadar gula darah.

Namun, apabila Anda mengonsumsi karbohdirat sederhana secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan dan risiko penyakit diabetes tipe 2. 

Walau begitu, karbohidrat sederhana bukan berarti buruk bagi kesehatan. Tubuh tetap membutuhkan kabrohidrat sederhana untuk meningkatkan energi. Asalkan mengonsumsi karbohdirat sederhana tidak berlebihan.

Karbohidrat sederhana yang buruk

Lantas, karbohidrat sederhana mana yang buruk bagi kesehatan?

Karbohidrat sederhana yang wajib Anda hindari adalah yang ditambahkan pemanis. Sebab pemanis dapat merusak nutrisi yang ada pada makanan. Contohnya sebagai berikut:

  • Sirup
  • Minuman soda
  • Permen
  • Cookies
  • Es krim
  • Madu buatan
  • Terang bulan
  • Buah-buahan kaleng
  • Dan produk-produk lain yang ditambahkan gula

Manakah makanan atau minuman di atas yang sering Anda konsumsi? Sebaiknya batasi, ya.

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang paling lama dicerna dan mengandung serat lebih tinggi. Jenis karbohidrat ini merupakan karbohidrat tersehat serta tidak mudah mempengaruhi kenaikan glukosa dalam tubuh.

Baca Juga: Pasti Turun Berat Badan, Karbohidrat Kompleks Untuk Diet

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tinggi sangat baik untuk mengontrol gula darah. Sebab kandungan yang ada pada karbohidrat kompleks tidak membuat gula dalam darah meningkat.

Makanan karbohidrat kompleks

Berikut adalah 10 makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang bagus untuk mengganti peran karbohidrat sederhana.

1. Ubi

Ubi merupakan jenis karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Karbohidrat kompleks ini memberikan energi yang tahan lama dan menghasilkan peningkatan gula darah yang lebih lambat dibandingkan dengan karbohidrat sederhana.

2. Kentang

Kentang mengandung pati, yang merupakan jenis karbohidrat kompleks. Pati dalam kentang dikonversi menjadi gula secara perlahan dalam tubuh, memberikan energi yang bertahan lebih lama.

3. Kacang hitam

Menurut peneliti, kacang hitam adalah sumber protein dan serat yang baik. Kombinasi dua nutrisi ini akan membantu Anda kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan berlebihan.

Namun, Anda tidak dianjurkan makan kacang hitam berlebihan sebab kacang ini mengandung kalori yang cukup tinggi.

4. Roti gandum

Roti gandum adalah makanan karbohidrat kompleks yang sering dijadikan pilihan untuk mengganti nasi putih.

Keunggulan roti gandum adalah bisa membuat perut kenyang lebih lama. Sebab roti gandum mengandung serat dan protein tinggi yang bisa memperlambat proses cerna pada usus. 

5. Nasi coklat

Nasi cokelat mengandung biji-bijian yang memiliki lebih banyak protein, serat, dan nutrisi daripada nasi putih. Apabila Anda memiliki diabetes yang diakibatkan oleh berat badan berlebih, maka nasi coklat adalah pilihan yang tepat.

6. Kacang polong

Kacang polong mengandung beberapa macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Dari vitamin-vitamin tersebut dapat mengontrol gula darah, mengontrol berat badan, dan menyehatkan jantung.

Selain itu, kacang polong juga mempunyai kadar serat yang tinggi sehingga bisa menyehatkan sistem pencernaan tubuh.

7. Jagung

Jagung adalah sumber dari serat, pati, protein, mangan, fosfor, magnesium, seng, tembaga, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin 6. Serat dan protein yang ada pada jagung dapat menahan rasa lapar lebih lama.

8. Pisang

Selain sayuran dan kacang-kacangan, buah seperti pisang juga memiliki nutisi melimpah, seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, yang bisa meringankan tekanan darah dan menghindarkan dari risiko penyakit jantung. 

Namun, bagi penderita diabetes atau gula darah naik, lebih baik konsumsi pisang yang tidak terlalu matang. Sebab kandungan gula pada pisang yang terlalu matang sangat tinggi.

9. Oatmeal

Pada umumnya oatmeal dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Walaupun begitu makanan jenis ini juga bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes karena mengandung serat dan protein tinggi yang baik untuk menstabilkan gula darah.

10. Apel

Maanfaat buah apel dengan kadar serat tinggi dapat mengontrol gula darah, menjaga berat badan tubuh, mencegah dari risiko penyakit jantung, mengatasi sembelit dan diare, mendukung penyerapan zat besi, dan membantu meningkatkan bakteri yang baik pada tubuh.

Selain itu, apel juga kaya akan air yang bisa menghidrasi tubuh serta membuat perut kenyang lebih lama.

Nah, itu adalah penjelasan mengenai karbohidrat sederhana dan kompleks serta 10 rekomendasi karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh.

Cara konsumsi karbohdirat

Meskipun karbohidrat baik bagi tubuh, Anda tetap perlu mengontrol porsi tersebut masuk ke dalam tubuh. Untuk itu Anda harus tahu bagaimana aturan makan karbohidrat. 

Berikut adalah cara mengatur konsumsi karbohidrat:

  • Dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat berserat tinggi sekitar 45-65%
  • Gunakan pemanis pengganti seperti madu dengan memerhatikan porsi
  • Makan utama 3 kali, dan makan ringan 3 kali sehari

Bagi penderita diabetes atau gula darah tinggi, terkadang mengontrol karbohidrat saja masih belum cukup.

Tidak sedikit penderita malah mengalami penurunan gula darah yang sangat kecil sehingga mereka merasa usahanya sia-sia.

Untuk mengatasi masalah gula darah tinggi, terdapat solusi terbaik yang sangat dianjurkan, yaitu konsumsi Bio Insuleaf. Bio Insuleaf adalah obat herbal yang terbuat dari rempah alami terdiri dari 4 bahan utama, yaitu kayu manis, mengkudu, mahkota dewa, dan brotowali.

Untuk melakukan pemesanan silahkan hubungi nomor berikut ini, dengan cara klik link di bawah ini!

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar

slot gacor