Nasi Merah vs Nasi Putih

Nasi Merah vs Nasi Putih: Mana yang Baik?

Nasi merah dan nasi putih memiliki kandungan nutrisi berbeda. Keduanya kerap dibandingkan terutama oleh seseorang yang sedang menjalan diet untuk menurunkankan berat badan atau menjalani gaya hidup sehat.

Lantas, mana ya yang lebih baik, nasi merah atau nasi putih? Baca selengkapnya berikut ini.

Nasi Merah vs Nasi Putih

Penjelasan berikut adalah perbandingan nutrisi dan manfaat dari mengonsumsi nasi merah atau nasi putih. Simak selengkapnya:

1. Indeks glikemik 

Salah satu cara menjaga pola makan bagi penderita diabetes adalah mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Semakin rendah nilainya, maka semakin ramah bagi tubuh. Jika indeks glikemik tinggi maka risiko gula darah naik juga tinggi.

Sayangnya, nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi yaitu sebesar 73. Padahal batas indeks glikemik yang aman yaitu di bawah 60. Sedangkan nasi merah memiliki indeks glikemik sebesar 55 saja. 

Dari angka tersebut dapat disimpulkan jika nasi merah lebih aman dikonsumsi daripada nasi putih.

2. Kandungan serat

Tahukah kamu, nasi merah memiliki kandungan serat lebih banyak daripada nasi putih. Hal ini karena nasi merah tidak melalui proses penggilingan dan pengupasan. Sehingga, serat yang ada pada kulit beras merah tetap terjaga.

Berbeda dengan beras putih yang telah melalui berbagai proses sebelum menjadi nasi. Inilah yang menyebabkan nasi putih memiliki kadar gula yang lebih tinggi dan serat yang rendah.

Dengan sering mengkonsumsi nasi merah, sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan gula darah juga terkontrol.

Baca Juga: Bisa Turunkan Berat Badan, Ini 5 Makanan yang Tinggi Serat

3. Kandungan gizi

Nasi merah dan nasi putih memiliki kandungan gizi yang berbeda. Walau sama-sama mengenyangkan, kedua jenis nasi tersebut mempunyai nutrisi yang jomplang.

Nasi merah merupakan sumber serat dan mineral. Seperti yang telah tertulis di atas, serat pada nasi merah dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan. Sedangkan kandungan mineral berfungsi untuk memperbaiki metabolisme energi, pembentuk aktivitas otot jantung, dan menggerakkan fungsi organ serta mekanisme tubuh.

Jenis mineral yang ada pada nasi merah meliputi zat besi, kalium, zink, mangan, dan magnesium.

Berbeda dengan nasi putih yang memiliki karbohidrat simpleks tinggi. Semakin banyak kadar karbohidrat simpleks maka semakin tinggi gula di dalamnya.

Tentunya ini bisa memicu kenaikan gula darah bagi penderita diabetes. Gejala akan semakin parah dan bisa memicu komplikasi kesehatan.

Baca Juga: Fakta Manfaat Beras Merah Untuk Diabetes

Menurunkan gula darah

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika nasi merah lebih baik dan lebih ramah bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya ganti nasi putih dengan nasi merah yang tidak memicu lonjakan gula darah.

Selain itu, kamu juga perlu mengkonsumsi Bio Insuleaf. Obat herbal diabetes yang dapat membantu kinerja nasi merah untuk mengontrol gula darah dan meringankan gejala diabetes.

Beli Bio Insuleaf sekarang dengan menghubungi CS melalui link di bawah ini.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber:

Hello Sehat

Tinggalkan komentar