Neuropati diabetik

Neuropati Diabetik: Definisi, Gejala, dan Pengobatan

Ada berbagai gangguan yang muncul saat menderita diabetes, salah satunya yaitu neuropati diabetik. Ciri khas yang menunjukkan tubuh terserang penyakit ini adalah kesemutan hebat pada bagian tubuh.

Apa itu neuropati diabetik?

Neuropati diabetik adalah suatu kondisi yang terjadi ketika saraf-saraf di tubuh mengalami kerusakan akibat diabetes. Diabetes melitus, terutama tipe 2, seringkali berhubungan dengan masalah neuropati. Neuropati diabetik dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk kaki, tangan, dan organ vital.

Jenis neuropati diabetik

Berikut adalah beberapa jenis neuropati diabetik:

Neuropati Perifer

Neuropati perifer adalah jenis neuropati diabetik yang paling umum. Ini mempengaruhi saraf-saraf yang terletak di luar otak dan sumsum tulang belakang. Gejala yang umum meliputi mati rasa, kesemutan, dan nyeri pada kaki dan tangan.

Neuropati Otonom

Neuropati otonom mempengaruhi saraf-saraf yang mengendalikan organ-organ internal seperti jantung, sistem pencernaan, dan saluran kemih. Gejala yang mungkin muncul termasuk gangguan pencernaan, masalah ereksi, dan gangguan irama jantung.

Baca Juga: Mengenal Dermopati Diabetik Pada Penderita Diabetes

Gejala Neuropati Diabetik

Gejala neuropati diabetik dapat bervariasi bergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala yang umum meliputi:

  1. Sensasi mati rasa atau kesemutan pada kaki, tangan, atau area tubuh lainnya.
  2. Nyeri yang tajam, terbakar, atau menusuk pada tubuh
  3. Kesulitan memegang benda dengan tangan.
  4. Kelemahan otot pada kaki atau tangan.
  5. Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, atau gangguan lambung.
  6. Gangguan seksual seperti disfungsi ereksi pada pria atau masalah libido pada wanita.

Diagnosis Neuropati Diabetik

Untuk mendiagnosis neuropati diabetik, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat medis pasien. Tes saraf, seperti tes kecepatan konduksi saraf atau tes elektromiografi (EMG), mungkin juga dilakukan untuk menentukan tingkat kerusakan saraf.

Pengobatan dan Perawatan

Pengobatan neuropati diabetik bertujuan untuk mengurangi gejala, mengurangi kemajuan kerusakan saraf, dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Beberapa opsi pengobatan yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Pengaturan gula darah: Mengatur kadar gula darah dengan baik melalui diet, olahraga, dan obat-obatan diabetes dapat membantu mengurangi risiko kerusakan saraf lebih lanjut.

2. Obat-obatan: Konsumsi obat-obatan yang bantu turunkan gula darah, seperti Bio Insuleaf.

3. Terapi fisik: Terapi fisik dapat membantu memperkuat otot, meningkatkan koordinasi, dan mengurangi risiko cedera.

4. Perawatan kaki: Merawat kaki dengan baik sangat penting untuk mencegah luka dan infeksi. Memeriksa kaki secara teratur, mengenakan sepatu yang tepat, dan menjaga kebersihan kaki adalah langkah-langkah penting.

Pencegahan Neuropati Diabetik

Meskipun neuropati diabetik tidak selalu dapat dicegah, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terjadinya atau memperlambat kemajuannya. Beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil meliputi:

1. Mengelola diabetes: Menjaga kadar gula darah dalam rentang normal sangat penting untuk mencegah kerusakan saraf. Mengikuti diet yang sehat, rutin berolahraga, dan mengikuti pengobatan yang diresepkan oleh dokter adalah langkah penting.

2. Merawat kaki: Memeriksa kaki secara teratur, menjaga kebersihan, menghindari luka, dan menggunakan sepatu yang sesuai dan nyaman dapat membantu mencegah komplikasi pada kaki.

3. Hentikan kebiasaan merokok: Merokok dapat memperburuk kondisi saraf yang sudah rusak, sehingga berhenti merokok sangat dianjurkan.

4. Rutin minum obat: Dengan merutinkan minum obat, yaitu Bio Insuleaf, dapat membantu Anda meringankan gejala neuropati diabet

Mengonsumsi obat herbal Bio Insuleaf ini dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah dari risiko neuropati diabetik yang Anda alami.

Jika Anda ingin konsumsi minuman sehat Bio Insuleaf, silakan klik link di bawah untuk pemesanan.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar