Tabel gula darah berdasarkan usia

Pahami Tabel Gula Darah Berdasarkan Usia Demi Kesehatanmu!

Kenali tabel gula darah berdasarkan usia untuk mencegah terjadinya kenaikan maupun penurun gula darah. Kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti diabetes, hipoglikemia, dan penyakit jantung.

Tabel gula darah berdasarkan usia

Berikut ini adalah tabel gula darah berdasarkan usia yang umumnya digunakan sebagai pedoman untuk mengukur kadar gula darah normal pada berbagai rentang usia:

Rentang UsiaKadar Gula Darah Normal
Anak-Anak70-100 mg/dL
Remaja70-100 mg/dL
Dewasa70-130 mg/dL (sebelum makan/puasa) dan <180 mg/dL (setelah makan)
Usia Lanjut100-140 mg/dL (sebelum makan/puasa) dan <200 mg/dL (setelah makan)

Perlu diingat bahwa tabel gula darah berdasarkan usia ini hanya sebagai pedoman umum dan nilai normal dapat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan individu.

Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan kadar gula darah yang sehat dan mengambil tindakan yang tepat jika terdapat masalah dengan kadar gula darah.

Baca Juga: Cara Cek Kadar Normal HbA1c Untuk Diabetes

Kadar gula darah pada anak-anak dan remaja cenderung lebih stabil dibandingkan dengan orang dewasa. Ini karena anak-anak dan remaja cenderung lebih aktif secara fisik dan memiliki metabolisme yang lebih cepat. 

Sementara itu, pada orang dewasa, kadar gula darah cenderung lebih fluktuatif dan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jenis makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik, obesitas, dan faktor genetik. 

Namun, pada usia lanjut, terutama pada orang yang menderita penyakit tertentu seperti diabetes, kadar gula darah dapat lebih sulit dikendalikan. 

Cara mengontrol gula darah

Untuk mengelola kadar gula darah yang sehat pada usia berapapun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti:

  1. Makan makanan sehat dan seimbang dengan menghindari makanan dengan kadar gula yang tinggi, terutama jika Anda memiliki riwayat diabetes atau masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan gula darah.
  1. Mengatur pola makan yang teratur dengan makan dalam porsi kecil dan sering untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari.
  1. Rutin melakukan aktivitas fisik untuk membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.
  1. Rutin memeriksakan kesehatan dan kadar gula darah pada dokter untuk memantau kesehatan tubuh dan mengambil langkah-langkah preventif jika diperlukan.
  2. Minum herbal Bio Insuleaf untuk mengontrol gula darah tetap stabil tanpa harus mengocek kantong lebih banyak.

Gula darah sangat penting untuk kesehatan tubuh kita dan harus dijaga dengan baik. Berdasarkan tabel gula darah berdasarkan usia, kadar gula darah dapat bervariasi tergantung pada usia dan kondisi kesehatan seseorang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara mengelola kadar gula darah yang sehat

Apabila Anda memiliki masalah gula darah tinggi, sangat dianjurkan mengonsumsi sirup herbal Bio Insuleaf. Sirup herbal ini memantu mengontrol gula darah dan mengurangi gejala diabetes.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar