Pemeriksaan HbA1c Harus Puasa atau Tidak

Pemeriksaan HbA1c Harus Puasa atau Tidak?

Sering ditanyakan, apakah pemeriksaan HbA1c harus puasa? atau tidak? Umumnya kebimbangan ini dialami oleh penderita diabetes yang ingin mengetahui hasil kadar gula lebih akurat.

Lantas, apakah penderita diabetes harus puasa sebelum melakukan tes HbA1c?

Pemeriksaan HbA1c Harus Puasa atau Tidak

Jawabannya adalah tidak perlu puasa. Sebab, tes HbA1c dapat dilakukan kapan saja tanpa harus berpuasa. Tes ini berbeda dengan tes gula darah biasa. HbA1c atau juga hemoglobin A1c tidak terpengaruh pada perubahan kadar gula sementara.

Fungsi utama tes HbA1c adalah untuk mengukur jumlah sel darah merah rata-rata yang berkaitan dengan gula darah selama 3 bulan terakhir.

Penderita diabetes dianjurkan melakukan tes ini sebanyak 2-3 kali dalam setahun. Hasil pemeriksaan presentase kadar gula darah adalah sebagai berikut:

  • Normal: < 5,7%
  • Prediabetes: 5,7% – 6,4%
  • Diabetes: > 6,5%

Jika penderita diabetes memiliki hasil presentase lebih dari 6,5% maka hemoglobin atau sel darah merah yang berkaitan dengan gula darah termasuk tinggi. Ini berarti penderita tersebut memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Diabetes Pada Pria Secara Alami

Gula darah sering tinggi? Diabetes tak kunjung berakhir? Minum Bio Insuleaf untuk turunkan gula darah! Klik Pesan Bio Insuleaf dan dapatkan promonya!

Referensi:

Alodokter

Mayoclinic

Tinggalkan komentar