makanan yang tinggi serat

Kandungan Gula pada Pisang, Diabetesi Wajib Tahu

Tahukah Anda, ternyata kandungan gula pada pisang sangat bervariasi. Kadar kandungan tergantung pada tingkan kematangan buah berwarna kuning ini. Bagi penderita diabetes, dengan mengetahui kadar gula pada asupan makanan dapat membantu mengontrol gula darah agar tidak mudah naik.

Meski buah pisang dikenal sebagai buah yang sehat untuk pencernaan, Anda tetap perlu memperhatikan kadar gulanya agar tidak memicu lonjakan gula darah. Untuk lebih jelas, simak kandungan gula pada pisang berikut ini.

Kandungan gula pada pisang

Kandungan gula pada pisang

Pada pisang yang berukuran sedang, sekitar 126 gram, mengandung 112 kalori dan 29 karbohidrat. 

Karbohidrat tersebut terdiri dari gula, pati, dan serat. Walaupun pada sebuah pisang mengandung serat, tetapi kadar gula pada buah tersebut lebih tinggi. Sehingga sangat buruk bagi penderita.

Namun, bagi yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes justru buah ini dianjurkan sebagai cemilan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Di sisi lain, serat tersebut juga bisa menurunkan glukosa pada darah dan meningkatkan performa kontrol glukosa darah.

Nah, untuk memastikan apakah pisang tersebut aman atau tidak bagi penderita diabetes, Anda perlu cek indeks glikemik. 

  • Indeks glikemik rendah: <55
  • Indeks glikemik sedang: 56-69
  • Indeks glikemik tinggi: 60-100
Baca Juga: Daftar Makanan Indeks Glikemik Tinggi

Kadar makanan yang baik bagi penderita diabetes adalah makanan yang memiliki kadar indeks glikemik rendah, yaitu di bawah 55. 

Sebab, makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu menghambat penyerapan pada usus. Sehingga kenaikan glukosa padacdarah sangat kecil kemungkinannya.

Pengaruh pisang pada kenaikan gula darah sangat tergantung pada tingkat kematangannya. Kulit yang masih berwarna hijau cenderung memiliki kadar yang rendah. Nah, jenis seperti ini yang baik untuk penderita diabetes.

Sedangkan yang berwarna kuning atau sudah matang memiliki kandungan gula lebih banyak. Ini berarti pisang yang matang memiliki indeks glikemik tinggi. 

Sebaiknya Anda hindari yang terlalu matang agar tidak mempengaruhi kenaikan level glukosa. Nah, itu adalah penjelasan singkat mengenai kandungan gula di pisang.

Buah yang aman untuk penderita diabetes

Selain pisang, masih ada banyak buah-buahan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa contoh buah-buahan yang rendah indeks glikemik antara lain apel, pir, jeruk, stroberi, raspberry, blueberry, blackberry, kiwi, anggur, dan semangka.

Sayuran juga menjadi pilihan makanan yang baik bagi penderita diabetes. Beberapa sayuran yang rendah indeks glikemik antara lain bayam, kubis, brokoli, buncis, mentimun, tomat, dan wortel.

Anjuran kontrol gula darah

Selain mengatur pola makan, penderita diabetes juga dianjurkan minum obat herbal yang dapat mengontrol gula darah, yaitu Bio Insuleaf.

Bio Insuleaf adalah herbal alami membantu menurunkan gula darah tinggi dan mengurangi gejala diabetes. Anda tidak perlu lagi khawatir gula darah naik, karena dengan minum Bio Insuleaf setiap hari gula darah lebih mudah terkontrol.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber:

Health Line

Tinggalkan komentar