Penyebab gatal pada kulit - www.insuleaf.id

6 Penyebab Gatal Pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Banyak yang mengira penyebab gatal pada kulit akibat dari reaksi alergi dari gigitan serangga maupun mandi dengan air dingin. Padahal masih banyak faktor lain yang menyebabkan kulit gatal-gatal seperti kondisi kesehatan yang memburuk.

Beberapa penyebab yang umum meliputi alergi, infeksi, iritasi, dan kondisi kulit tertentu. Tidak hanya itu saja, ada beberapa penyebab kulit gatal yang perlu Anda ketahui, simak penjelasan berikut ini hingga selesai.

1. Stres

Penyakit kulit bisa dipicu oleh stres karena mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan. Hal ini dapat menyebabkan reaksi kulit yang berbeda-beda seperti ruam, eksim, atau psoriasis. Selain itu, stres juga dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah teriritasi.

Baca: Diabetes Bikin Stres? Lakukan 9 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

2. Perubahan hormonal

Perubahan hormonal yang terjadi pada wanita selama menstruasi, kehamilan, atau menopause dapat memicu gatal pada kulit.

Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang dapat mempengaruhi kelembapan kulit dan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Apabila Anda dalam masa tersebut, olesi kulit kering Anda menggunakan pelembab kulit atau hand body secara rutin setiap setelah mandi.

3. Xerosis

Xerosis adalah kondisi kulit kering dan sangat gatal. Ini disebabkan oleh hilangnya kelembaban alami kulit yang biasanya terdapat dalam lapisan terluar kulit atau epidermis.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan xerosis termasuk cuaca dingin dan kering, paparan air panas yang berlebihan, penggunaan sabun yang keras atau berlebihan, dan beberapa kondisi medis seperti dermatitis atopik atau psoriasis.

Xerosis biasanya tampak sebagai kulit yang kasar, kering, mengelupas, dan terkadang kulit dapat pecah-pecah atau menjadi merah.

4. Infeksi kulit

Beberapa jenis infeksi kulit yang dapat menyebabkan gatal antara lain, infeksi jamur yang biasanya ditandai dengan kulit yang kemerahan, bersisik, dan terasa gatal. Selain itu, infeksi bakteri yang dapat membuat kulit meradang, terasa gatal, berlendir, dan terbentuk lepuh atau bisul.

Kemudian, infeksi virus yang dapat menyebabkan ruam kulit gatal dan berbentuk lepuh. Infeksi lain yang juga umum terjadi adalah infeksi kutu atau tungau menyebabkan kulit terasa gatal dan terjadi ruam merah yang biasanya terjadi di daerah yang terinfeksi.

5. Diabetes

Salah satu faktor yang mungkin kurang dikenal sebagai penyebab gatal pada kulit adalah diabetes. Diabetes adalah kondisi medis di mana kadar gula darah dalam tubuh menjadi terlalu tinggi.

Hal ini dapat mempengaruhi banyak organ dalam tubuh, termasuk kulit yang mengalami kondisi tertentu termasuk gatal-gatal. Bahkan penderita diabetes umumnya akan timbul luka akibat dari menggaruk bagian kulit yang gatal. 

6. Neuropati diabetik

Sama halnya dengan diabetes, neuropati diabetik adalah gangguan saraf yang terjadi pada penderita karena tingginya kadar gula darah yang berkepanjangan pada penderita diabetes. Neuropati diabetik dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh, terutama pada kaki dan tangan.

Gejala neuropati diabetik dapat bervariasi, termasuk kebas atau mati rasa pada kaki atau tangan, nyeri atau sensasi terbakar, lemah atau kehilangan kekuatan otot, gangguan refleks, perubahan kulit dan rambut, serta masalah pencernaan dan seksual.

Jika tidak ditangani dengan baik, neuropati diabetik dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti luka yang sulit sembuh dan infeksi.

Cara meredakan gatal pada kulit

Ada beberapa cara untuk meredakan kulit gatal akibat stres, biduran, perubahan hormon, xerosis, dan diabetes, antara lain:

1. Menggunakan lotion atau krim pelembap
2. Menghindari produk tertentu atau bahan kimia gantilah dengan yang lebih lembut dan ramah kulit
3. Hindari menggaruk kulit
4. Mandi air hangat
5. Mengompres kulit dengan air dingin
6. Konsumsi makanan sehat
7. Minum banyak air
8. Gunakan pakaian yang menyerap keringat
9. Minum Bio Insuleaf bagi penderita diabetes

Untuk mengatasi gatal di kulit akibat diabetes maupun neuropati diabetik, Anda harus mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Untuk mengatasinya Anda dianjurkan menerapkan gaya hidup sehat serta mengonsumsi obat herbal Bio Insuleaf.

Dengan melakukan perawatan tubuh melalui Bio Insuleaf, kulit gatal akan teratasi dan gula darah terkontrol. Untuk pemesanan Bio Insuleaf silahkan hubungi CS kami melalui link di bawah ini.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber:

Diabetes

Medical News Today

Tinggalkan komentar