Pertanda Penyakit, Ini 5 Penyebab Kuku Melengkung

Pernahkah kamu mengalami kuku melengkung? Jika iya, kamu patut waspada karena kuku melengkung bisa menandakan beberapa kondisi kesehatan. Namun, kamu tidak perlu khawatir berlebihan. Sebab kuku melengkung bisa diatasi dengan berbagai cara.

Nah, agar kamu mengetahui penyebab dan cara mengatasi kuku melengkung, simak bacaan ini hingga selesai. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, kamu bisa mengatasi kuku melengkung tanpa merasa khawatir lagi.

Penyebab kuku melengkung

Kuku melengkung terjadi karena beberapa faktor kesehatan. Penyebabnya bisa karena rendahnya stok oksigen pada tubuh. Tidak hanya itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kuku melengkung terjadi. Berikut adalah penyebab kuku melengkung:

1. Anemia defisiensi besi

Kondisi ini menandakan bahwa tubuh mengalami kekurangan zat besi yang menunjukkan gejala sering pusing, lelah, dan pertumbuhan kuku yang tidak normal.

2. Lupus eritematosus sistemik

Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun yang memicu peradangan dan nyeri pada seluruh bagian tubuh. Selain itu, penyakit ini juga bisa membuat kuku tumbuh tidak normal atau melengkung.

3. Gangguan pencernaan

gangguan sistem pencernaan tidak hanya menunjukkan gejala berupa perut mulas bahkan diare saja. Kuku melengkung juga menjadi salah satu tanda bahwa kamu sedang mengalami gangguan sistem pencernaan.

4. Pengaruh genetik

Genetik atau garis keturunan juga sangat memungkinkan terjadinya pertumbuhan kuku yang tidak normal. Untuk memastikan ini, kamu bisa cek kuku pada keluargamu atau periksa ke dokter.

5. Pengaruh lingkungan

Keadaan geografis dimana kamu tinggali juga menjadi penyebab kuku melengkung. Jika kamu tinggal di dataran tinggi, kamu akan sering mengalami pertumbuhan kuku yang memiliki bentuk cekung hingga bisa menampung air.

Bahaya kuku melengkung

Apakah kuku melengkung berbahaya? Kondisi ini akan berbahaya jika penyebabnya karena penyakit kronis. Untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya periksakan diri pada dokter. Secara umum, kuku melengkung bisa jadi menunjukkan penyakit berbahaya seperti:

  • Menderita lupus
  • Diabetes
  • Penyakit paru-paru
  • AIDS
  • Masalah hati dan pankreas
  • Gangguan jantung
  • Anemia
  • Radang sendi

Cara merawat kuku melengkung

Cara merawat kuku melengkung berbeda-beda tergantung penyebabnya. Jika karena anemia, konsumsilah makanan yang mengandung zat besi tinggi. Sedangkan jika disebabkan karena penyakit dalam atau kronis, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mencari solusi mengatasi kuku melengkung.

Lakukan pengobatan rutin jika kuku melengkung yang kamu alami terjadi karena penyakit kronis. Apabila kuku melengkung terjadi karena lingkungan, maka kamu tidak perlu panik berlebihan.

REFERENSI

SehatQ

Hello Sehat

Tinggalkan komentar