Polyphagia: Nafsu Makan yang Berlebihan dan Penyebabnya

Polyphagia adalah istilah medis yang merujuk pada nafsu makan yang berlebihan atau peningkatan selera makan. Kondisi ini sering dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan yang mendasar, termasuk diabetes, hipertiroidisme, dan gangguan kecemasan, di antara lain.

Penyebab polyphagia

1. Diabetes

Salah satu penyebab paling umum dari polyphagia adalah diabetes, terutama diabetes tipe 1. Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas, sehingga menyebabkan kekurangan insulin.

Kekurangan insulin ini kemudian membuat tubuh sulit untuk mengubah glukosa menjadi energi yang diperlukan tubuh, sehingga tubuh akan terus merasa lapar meskipun sudah makan.

2. Hipertiroidisme

Selain diabetes, hipertiroidisme juga dapat menyebabkan polyphagia. Pada hipertiroidisme, kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memicu nafsu makan yang meningkat.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan penurunan berat badan dan peningkatan frekuensi buang air kecil.

3. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan seperti gangguan makan dan gangguan kecemasan umum (GAD) juga dapat menyebabkan polyphagia.

Pada gangguan makan, individu cenderung untuk makan secara berlebihan, terutama makanan yang tinggi kalori dan lemak. Sedangkan pada GAD, individu cenderung merasa lapar terus-menerus akibat kecemasan yang mereka rasakan.

Bahaya polyphagia

Polyphagia dapat menjadi gejala serius dan memerlukan perhatian medis jika tidak diobati. Selain mengidentifikasi dan mengobati kondisi yang mendasari, pengelolaan pola makan dan olahraga juga dapat membantu mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

Mengonsumsi makanan yang rendah kalori dan tinggi serat dapat membantu menjaga kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar.

Selain itu, olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan memperbaiki pengolahan glukosa tubuh.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda mengalami gejala polyphagia atau gangguan makan lainnya.

Apabila Anda kerap mengalami kenaikan gula darah dan gejala diabetes yang tidak kunjung mereda, sebaiknya konsumsi herbal Bio Insuleaf. Bio Insuleaf adalah obat herbal yang bisa mengontrol gula darah agar tetap stabil dan mengurangi gejala diabetes.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar